alexametrics

Ikut Bergerak Pascabencana, ACT Beri Suara.com Penghargaan Kemanusiaan

Arsito Hidayatullah
Ikut Bergerak Pascabencana, ACT Beri Suara.com Penghargaan Kemanusiaan
Penyerahan plakat Penghargaan Kemanusiaan oleh General Manager ACT Ade M Yusuf kepada Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono, di Jakarta, Selasa (16/2/2021). [Suara.com / Arsito Hidayatullah]

Plakat apresiasi bertajuk Penghargaan Kemanusiaan itu diserahkan langsung oleh General Manager ACT dalam kunjungan ke kantor Suara.com di Jakarta.

Suara.com - Lembaga kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) memberikan penghargaan kepada Suara.com, pada Selasa (16/2/2021), atas keikutsertaan media ini bergerak membantu korban bencana.

Plakat apresiasi bertajuk Penghargaan Kemanusiaan itu diserahkan langsung oleh General Manager ACT, Ade M Yusuf, dalam kunjungannya bersama tim ke kantor Suara.com di Jakarta, hari ini.

Diterima oleh Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono yang juga adalah Direktur PT Arkadia Digital Media Tbk, penghargaan itu disebut sebagai apresiasi atas dukungan dan bantuan dalam bergerak bersama memberikan solusi nyata menolong saudara sebanga yang terdampak bencana di tanah air.

"Sebagai sebuah lembaga dengan banyak program sosial dan aksi nyata di tengah masyarakat, termasuk saat terjadi bencana, kami menyadari betul peran media dalam menyebarluaskan berbagai informasi ke khalayak luas," ungkap Ade dalam percakapannya di kantor Suara.com.

Baca Juga: KPU Solo Beri Penghargaan Suara.com Sebagai Media Sosialisasi Pilkada 2020

Suwarjono pun sebaliknya menggarisbawahi bahwa memang yang seperti itu sudah menjadi tugas dan fungsi mendasar dari media massa, selain bahwa khalayak pembaca memang pasti butuh dan akan mencari informasi-informasi tersebut.

"Suara.com sendiri sejak pertama kali terbit senantiasa berusaha meliput beragam kejadian dari bermacam sisi, running informasi, hingga mengangkat tulisan-tulisan khas mengenai kondisi masyarakat dan tahap-tahap pemulihan, termasuk langsung dari lapangan. Karena ini memang sudah tugas kami," ucapnya.

Plakat Penghargaan Kemanusiaan dari ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk Suara.com. [Suara.com]
Plakat Penghargaan Kemanusiaan dari ACT (Aksi Cepat Tanggap) untuk Suara.com. [Suara.com]

Gempa besar yang melanda daerah Sulawesi Barat (Sulbar), yang khususnya berdampak besar di kawasan Majene dan Mamuju, akhir Januari 2021 lalu, menjadi salah satu momen di mana ACT dan Suara.com sama-sama ikut terlibat di lapangan. Bersama sejumlah media lainnya, salah seorang jurnalis Suara.com memang sempat ikut dengan rombongan ACT yang mengirimkan bantuan ke daerah terdampak.

Cukup banyak informasi terkini saat itu, maupun perkembangan pemulihan, juga kisah para korban gempa dan info-info lain di baliknya, yang kemudian sempat dilaporkan dan dipublikasikan. Antara lain misalnya tulisan tentang kisah nenek Juma, potret kondisi Majene, suasana pengungsian, kisah relawan, dan lain sebagainya.

Keterlibatan aktif awak media di lapangan itu pulalah yang sekaligus juga mewarnai interaksi dalam hari-hari tim ACT beserta para relawan melakukan aksi sosialnya pascabencana, yang turut menyisakan kesan tersendiri bagi mereka.

Baca Juga: Ajaib! Saat Kesulitan, Mata Air Mendadak Muncul di Pengungsian Gempa Majene

"Banyak kisah menarik juga ketika tim kami bekerja bersama para jurnalis dan awak media ini di lapangan. Ada seru-serunya juga. Mas Bagas ini khususnya, termasuk tangguh juga beliau ini menurut kami," ungkap Head of Division Public Relations ACT, Lidya K Hestya, dalam komentarnya pula sembari tersenyum.

Jurnalis Suara.com Bagaskara Isdiansyah sendiri turut diberikan plakat penghargaan serupa oleh ACT atas keterlibatannya secara langsung dalam misi kemanusiaan pascabencana gempa Sulbar tersebut. Diketahui, ACT ketika itu membawa tak kurang dari 1.000 ton bantuan, selain mengerjakan berbagai aksi sosial lainnya di daerah bencana.

Komentar