alexametrics

Doa Agar Hujan Reda

Dany Garjito
Doa Agar Hujan Reda
Ilustrasi hujan - (SuaraJogja.id/Eleonora PEW)

Berikut doa agar hujan reda.

Suara.com - Sampai saat ini hujan deras masih mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Sebagian dari kita mungkin menganggapnya sebagai berkah, namun tak sedikit pula yang melihat hujan deras sebagai musibah karena tingginya curah hujan dapat mengakibatkan banjir hingga tanah longsor. Adakah doa agar hujan reda?

Doa agar hujan reda

Saat hujan tinggi mulai menjadi hambatan untuk aktivitas atau bahkan mendatangkan musibah, Rasulullah SAW rupanya tidak melarang kita untuk berdoa supaya hujan dapat segera reda atau berpindah ke tempat yang lebih membutuhkan, karena di sisi lain ada beberapa wilayah yang kekurangan air dan sangat membutuhkan datangnya hujan.

Sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadis Bukhari dan Muslim berikut:

Baca Juga: Doa Agar Rumah Tangga Harmonis

"Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal aakaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajarati."

Artinya:

"Ya Allah berilah hujan di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menubuhkan pepohonan."

Sedang doa yang dapat dipanjatkan untuk menghindari musibah seperti yang diriwayatkan dalam hadis Abu Daud dan Tirmidzi dan Utsman bin Affan ra adalah sebagai berikut:

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim.”

Baca Juga: Doa Supaya Musibah Segera Berganti Dengan Berkah

Artinya:

Komentar