alexametrics

Disambut Warga Tanpa Prokes, Jokowi Klaim Sudah Ingatkan Pakai Masker

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Disambut Warga Tanpa Prokes, Jokowi Klaim Sudah Ingatkan Pakai Masker
Presiden Joko Widodo dikerumuni oleh sejumlah masyarakat saat mengunjungi Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021). (Tangkap layar/ist)

Jokowi sudah mengingatkan warga setempat untuk menggunakan masker, ujar Bey.

Suara.com - Rombongan mobil Presiden Joko Widodo di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyedot perhatian warga, sehingga mengabaikan protokol kesehatan Covid-19. Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan kalau Jokowi sudah mengingatkan warga setempat untuk menggunakan masker.

Kejadian tersebut terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Bey membenarkan bahwa video itu diambil saat Jokowi tengah berada di Maumere dan hendak melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napu Gete di Desa Ilinmedo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, NTT.

"Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti," kata Bay saat dikonfirmasi, Selasa (23/2/2021).

Dalam video yang beredar, Jokowi tampak menyapa warga yang saling berdesak-desakan dan mengabaikan jaga jarak di tengah pandemi Covid-19. Menurut Bey, hal tersebut menunjukkan spontanitas dan antusiasme masyarakat Maumere yang hendak menyambut kedatangan Jokowi.

Baca Juga: Karhutla Siak Terjadi di 5 Lokasi, Tim Fire Fighter RAPP Turut Dikerahkan

Bey juga menyebut Jokowi sudah mengingatkan warga untuk mematuhi prokes Covid-19 meski hanya menggunakan masker.

"Kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker," ujarnya.

"Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," sambungnya.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan mobil yang ditumpangi Jokowi dikerumuni oleh sejumlah masyarakat yang hendak melihatnya. Kerumunan tersebut terjadi saat Jokowi mengunjungi Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2).

Video itu banyak diunggah oleh pengguna akun media sosial Twitter, termasuk @Gladislagiwoy. Dalam unggahannya tersebut ia menyampaikan kalau Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja.

Baca Juga: Data Terkini Kasus Covid-19 di Kaltim, Lepas Masker Saat Makan Saja

"Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kabupaten Sikka, Maumere Flores, NTT," sebutnya.

Komentar