alexametrics

Harta Kekayaan Gibran Rakabuming Wali Kota Solo Tembus Rp 20 Miliar

Rifan Aditya
Harta Kekayaan Gibran Rakabuming Wali Kota Solo Tembus Rp 20 Miliar
Harta Kekayaan Gibran Rakabuming - Putra Sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka. [Suara.com/Ari Purnomo]

Berikut rincian harta kekayaan Gibran Rakabuming, walikota Solo yang dilantik hari ini, Jumat 26 Februari 2021.

Suara.com - Berapa harta kekayaan Gibran Rakabuming yang baru saja dilantik sebagai Wali Kota Solo yang baru?

Secara resmi, Gibran Rakabuming Raka telah dilantik sebagai Wali Kota Solo pada tanggal 26 Februari 2021. Pelantikan ini didasarkan pada kemenangannya pada penghitungan suara yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Seperti para pejabat publik lain, selalu menarik untuk mengulik harta kekayaan Gibran Rakabuming yang telah dilaporkan pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN yang ada pada situs resmi dari KPK.

Harta Kekayaan Gibran Rakabuming

Baca Juga: Gibran Tutup Blusukan dengan Tinjau Lokasi Mega Proyek, Apa Itu?

Jika secara langsung melihat totalnya, kisaran harta kekayaan Gibran Rakabuming adalah sekitar Rp 21,1 miliar. Berikut rincian harta kekayaan Gibran Rakabuming, walikota Solo yang baru.

  1. Tanah dan bangunan, senilai Rp 13.400.000.000, dengan rincian 4 bidang tanah dan bangunan, dan satu bidang tanah tanpa bangunan. 3 diantaranya terletak di Solo, dan sisanya di Sragen.
  2. Alat transportasi, senilai Rp 682.000.000, dalam bentuk 2 unit Toyota Avanza, 1 unit Isuzu Panther, 1 Unit Daihatsu Grand Max, dan 1 unit Mitsubishi Pajero Sport. Ada pula berapa motor, Honda Scoopy, Honda CB-125, dan Royal Enfield.
  3. Harta bergerak lainnya, senilai Rp 260.000.000.
  4. Kas dan setara kas, senilai Rp 2.154.296.134.
  5. Harta lainnya, senilai Rp 5.552.000.000.
  6. Hutang, senilai Rp 895.586.004.

Kemenangan Mantap, 86,5% Suara

Lepas dari total harta kekayaan Gibran Rakabuming yang terbilang fantastis tersebut, ia berhasil memenangkan pemilihan kepala daerah dengan angka yang tak kalah menakjubkan.

Sebesar lebih dari 86% diraih dari total suara sah yang masuk ke dalam penghitungan. Saingan dari pasangan Gibran dan Teguh sendiri adalah calon independen, Bagyo dan Suparjo.

Meski beberapa kali diterpa isu miring, nyatanya pelantikan yang sudah digelar mengukuhkan kemenangan Gibran pada kontestasi politik yang sudah berlalu. Tidak sedikit pula yang menyorot harta dan aset dari Gibran sendiri, karena dinilai sangat besar.

Baca Juga: Pakaian Kahiyang dan Selvi Hadiri Pelantikan Bobby dan Gibran, Siapa Mewah?

Namun yang tidak boleh dilupakan, bahwa Gibran memiliki latar belakang pengusaha sebelum ia terjun ke dunia politik mengikuti jejak ayahnya, yakni Joko Widodo.

Komentar