alexametrics

Telkom dan KITB Dukung Percepatan Digitalisasi Smart Industrial Estate

Fabiola Febrinastri
Telkom dan KITB Dukung Percepatan Digitalisasi Smart Industrial Estate
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kiri) dan Direktur Utama PT Kawasan Industri Terpadu Batang Galih Saksono, menandatangani kerjasama Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan Masing-masing Pihak, Jakarta, Rabu (3/3/2021). (Dok : Telkom)

Keduanya akan bersinergi meliputi pembangunan infrastruktur.

Suara.com - Guna mendukung program pemerintah untuk pembangunan infrastruktur Grand Batang City, yang berada di bawah pengelolaan PT Kawasan Industri Terpadu Batang (PT KITB) berkonsep smart dan sustainable industrial estate, Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Edi Witjara dan Direktur Utama PT Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Galih Saksono melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan Masing-masing Pihak. Acara ini diselenggarakan di di Telkom Landmark Tower Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Melalui nota kesepahaman ini, keduanya akan bersinergi meliputi pembangunan infrastruktur (network, internet, dan connectivity); penyediaan layanan infrastruktur data center dan cloud; penyediaan layanan manage service; penyediaan command center; dan rencana kerja sama dalam rangka solusi digitalisasi Grand Batang City menuju pengelolaan smart industrial estate; serta kerja sama lainnya yang dipandang perlu secara sinergis oleh kedua belah pihak.

Pada kesempatan itu, Edi Witjara dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, antara Telkom dan Kawasan Industri Terpadu Batang. Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini, keduanya diharapkan dapat menciptakan kolaborasi revolusi industri 4.0 di Kawasan Grand Batang City, yang saling menguntungkan dan memiliki manfaat bagi para pihak.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kawasan Industri Terpadu Batang kepada Telkom. Kami berkomitmen untuk mendukung upaya percepatan pengelolaan digitalisasi Grand Batang City menuju smart industrial estate,” ujar Edi.

Baca Juga: Apresiasi Kinerja Teknisi IndiHome di Masa Pandemi, Telkom Rilis Video Ini

Digitalisasi Grand Batang City yang akan diimplementasikan Telkom dan KITB ini ke depan, akan menjadi kawasan industri percontohan untuk kawasan industri lain yang berorientasi Smart Industrial Area, dengan dukungan infrastruktur dan platform digital yang terpadu. Hal ini sejalan dengan roadmap pemerintah, yang mana Indonesia akan membangun belasan Kawasan Ekonomi Khusus lagi untuk tujuan pemerataan ekonomi nasional.

Galih dalam sambutannya mengatakan, kerjasama dengan Telkom ini semakin memperkuat tujuan utama KITB yang ingin mengembangkan kawasan Grand Batang City sebagai kawasan industri yang representatif, prospektif serta berkelanjutan sejalan dengan dukungan infrastruktur dan utilitas yang terus berkembang dan semakin memadai.

"Kita wujudkan kawasan industri berbasis IoT, dengan 5G Ready untuk operasional Kawasan Industri yang disupport oleh PT Telkom Indonesia," tegasnya.

Melalui kolaborasi antara Telkom dengan Kawasan Industri Terpadu Batang ini, kedua belah pihak diharapkan dapat saling memberikan manfaat dan nilai tambah sesuai dengan kapabilitas masing-masing, untuk memberikan kontribusi terbaik bagi peningkatan ekonomi Indonesia.

“Dengan semangat sinergi mari kita sukseskan program digitalisasi ini. Telkom berkomitmen untuk terus mendukung digitalisasi sektor industri lainnya. Semoga dengan adanya semangat digitalisasi ini, kita dapat turut memajukan dan menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” tutup Edi.

Baca Juga: Kembangkan Aplikasi Berbasis AI, Telkom Punya Supercomputer Nvidia DGX A100

Komentar