alexametrics

Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Rifan Aditya
Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan
Ilustrasi bulan Ramadhan, keistimewaan 10 hari pertama Ramadhan. (Pixabay).

Tahukah Anda bahwa 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah momen yang istimewa? Berikut penjelasan keistimewaan 10 hari pertama Ramadhan.

Suara.com - Tahukah Anda bahwa 10 hari pertama bulan Ramadhan adalah momen yang istimewa? Berikut penjelasan keistimewaan 10 hari pertama Ramadhan.

Kurang beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadan. Pada bulan yang penuh berkah ini, para umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

1. Fase Adaptasi Fisik 

10 hari pertama Ramadhan dinilai istimewa karena pada hari-hari tersebut, tubuh sedang beradaptasi dari kebiasaan makan dan minum di bulan-bulan sebelumnya. Sehingga, banyak orang merasa bahwa 10 hari pertama puasa adalah momen paling berat dan penuh tantangan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Ramadan 2021/1442 H Dalam Bahasa Jawa Banten, Sebar Via WA!

Sebab, jika sebelumnya kita terbiasa makan dan minum secara bebas dan tak terbatas, kini kita harus membiasakan diri menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Tak hanya itu, kita juga harus menahan hawa nafsu dan amarah agar ibadah puasa tak sia-sia.

2. Allah Membuka Pintu Ampunan dan Rahmat 

Allah SWT membukakan pintu rahmat dan maaf selebar-lebarnya selama 10 hari pertama puasa Ramadhan. Rahmat tersebut diperuntukkan bagi hambanya yang ikhlas dan sabar melaksanakan ibadah puasa.

Hal ini tercantum dalam HR Al-Baihaqi yang berbunyi,"Awal bukan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka."

3. Melimpahnya Berkah dan Rahmat Allah SWT

Baca Juga: Nekat Mudik Lebaran 2021 Jalur Darat, Siap-Siap Ini Sanksinya

Ramadhan adalah momen terbaik untuk umat muslim mendekat kepada Allah, meminta ampunan, dan memperbaiki amal ibadah. Sebab, selama bulan puasa, setan dikurung agar tidak memengaruhi manusia untuk berbuat dosa. Sehingga, setiap kebaikan yang dilakukan akan terasa lebih ringan.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar