alexametrics

Belum Jadi Bencana Nasional, Menko PMK Minta Pemda Tangani Gempa Jatim

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Belum Jadi Bencana Nasional, Menko PMK Minta Pemda Tangani Gempa Jatim
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (Dok. Humas Kemenko PMK)

"Karena itu saya sarankan bencana gempa di selatan Jawa Timur ini cukup dihandel oleh masing-masing daerah, dan nanti akan saya koordinasikan," tutur Muhadjir.

Suara.com - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut gempa bumi yang terjadi di Jawa Timur belum dinyatakan sebagai bencana nasional. Karena itu, ia meminta pemerintah daerah di Jawa Timur untuk menangani pascabencana di daerahnya masing-masing.

Muhadjir menuturkan pemerintah pusat bakal terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait penanganan pascagempa berkekuatan 6,1 skala richter.

"Karena itu saya sarankan bencana gempa di selatan Jawa Timur ini cukup dihandel oleh masing-masing daerah, dan nanti akan saya koordinasikan," tutur Muhadjir di sela kunjungannya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021) malam.

Pasca gempa, Muhadjir terus berkomunikasi dengan Kepala BNPB Doni Monardo untuk memonitor dampak gempa di masyarakat. Ia juga telah menugaskan Deputi Kemenko PMK bidang kebencanaan untuk mendata serta memantau perkembangan gempa.

Baca Juga: BNPB: 6 Warga Meninggal Dunia dan 1 Luka Berat Akibat Gempa Jatim

Ia sendiri bakal terus memantau perkembangan dampak yang muncul akibat gempa.

"Saya stand by sambil berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait, dan akan segera turun ke lapangan. Kita lihat dulu perkembangannya," ucapnya.

Komentar