alexametrics

Motif Emak-emak Santuy Naik Motor Masuk Tol, Polisi: Nggak Ngerti GPS Mobil

Chandra Iswinarno | Muhammad Yasir
Motif Emak-emak Santuy Naik Motor Masuk Tol, Polisi: Nggak Ngerti GPS Mobil
Polda Metro Jaya menangkap emak-emak pengendara sepeda motor yang melintas di jalan tol di kawasan Angke, Jakarta Utara. (ist)

Polisi mengungkap motif emak-emak santuy yang mengemudikan sepeda motor masuk Gerbang Tol (GT) Angke I.

Suara.com - Polisi mengungkap motif emak-emak santuy yang mengemudikan sepeda motor masuk Gerbang Tol (GT) Angke I.

Usut punya usut, ternyata emak-emak tersebut masuk jalan tol karena tersasar usai mengikuti petunjuk arah GPS mode mobil.

"Ini terjadi pelanggaran. Itu motifnya dia tidak mengerti menggunakan GPS yang untuk mobil," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat jumpa pers, Selasa (27/4/2021).

Yusri menyebut emak-emak berinisial B itu merupakan pendatang dari Kepulauan Riau. Dia mengendarai sepeda motor pinjaman milik temannya.

Baca Juga: Viral Emak-emak Santuy Naik Motor Tap e-Toll Tol Angke Akhirnya Ditangkap

"Jadi dia pengakuannya tidak terlalu hafal dengan Jakarta, kemudian jalan menggunakan GPS yang ada, tetapi diarahkan masuk ke jalan tol dengan polosnya," ujar Yusri.

Atas perbuatannya, B dikenakan sanksi denda tilang. Sebab, selain melanggar rambu lalu lintas yang bersangkutan ternyata juga tidak memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM sebagaiman diatur dalam Pasal 287 dan Pasal 288 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Karena ini pelanggaran tidak kita tahan, tapi penilangan dengan barang bukti kendaraan motor," jelas Yusri.

Viral

Aksi emak-emak mengendarai sepeda motor memasuki GT Angke I itu sempat terekam kamera amatir hingga videonya viral di media sosial. 

Baca Juga: Viral Emak-Emak Santuy Ngobrol Sambil Bawa Motor di Tengah Jalan, Gereget!

Polisi sempat kesulitan mencari identitas emak-emak tersebut lantaran plat nomor kendaraan tak tertangkap kamera pengawas atau CCTV sekitar lokasi.

Komentar