alexametrics

Dicecar Hakim soal Teroris hingga Pemimpin ISIS, Begini Reaksi Habib Rizieq

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Dicecar Hakim soal Teroris hingga Pemimpin ISIS, Begini Reaksi Habib Rizieq
Habib Rizieq (tengah) diapit para saksi yang dihadirkan tim pengacaranya dalam sidang kasus kerumunan Petamburan yang digelar di PN Jakarta Timur. (Suara.com/Bagaskara)

"Saya tidak kenal, saya tahunya dari media," tuturnya.

Suara.com - Eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab membantah keras kalau organisasi yang dibesarkan olehnya tersebut merupakan organisasi teroris. Rizieq justru menyebut, organisasi FPI cinta terhadap Pancasila dan tak pernah mempunyai masalah terhadap tersebut. 

Hal itu disampaikan Rizieq ketika menjadi saksi terdakwa dalam sidang lanjutan kasus kerumunan Petamburan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (3/5/2021). 

Awalnya Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa, bertanya kepada Rizieq terkait dengan apakah FPI sebagai sebuah organisasi berniat mengganti Pancasila seperti apa yang dilakukan teroris. Rizieq pun memberikan penjelasan hingga membantahnya. 

Baca Juga: Ungkap Maulid di Petamburan, Saksi Rizieq: Obat Rindu Kami ke Sang Guru

"Jadi kami di FPI tidak pernah punya masalah dengan Pancasila, bahkan kami tidak setuju kalau Pancasila diganti, kenapa kami tak setuju karena Pancasila peninggalan ulama," kata Rizieq dalam persidangan. 

Rizieq menegaskan, bagi FPI Pancasila bukan hanya sekedar pilar akan tetapi sudah menjadi pondasi atau dasar. Rizieq mengaku tak sependapat dengan kelompok teroris yang ingin mengganti Pancasila. 

"Jadi kami tidak pernah punya masalah dengan Pancasila, maka dengan kelompok-kelompok yang tadi pak majelis hakim sebutkan ada kelompok yang terduga teroris menolak Pancasila dan sebagainya kami tidak sependapat dengan mereka," ungkapnya. 

Merespons jawaban Rizieq, majelis hakim kemudian mencecar lagi. Kali ini majelis hakim mengkonfirmasi kepada Rizieq apakah mengenali pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi. Rizieq pun menanggapi. Ia membantah kenal dengan pemimpin ISIS tersebut. 

"Saya tidak kenal, saya tahunya dari media," tuturnya. 

Baca Juga: Rizieq Bawa Dua Saksi Fakta di Persidangan, Jaksa Malah Enggan Bertanya

Dalam kasus kerumunan Petamburan, Rizieq didakwa telah melakukan penghasutan hingga ciptakan kerumunan di Petamburan dalam acara pernikahan putrinya dan maulid nabi Muhammad SAW. Kelima orang panitia yang duga sebagai terdakwa diganjar dengan dakwaan serupa.

Komentar