alexametrics

10 dari 78 Anjing yang akan Diselundupkan ke Solo Mati di Jalan

Siswanto
10 dari 78 Anjing yang akan Diselundupkan ke Solo Mati di Jalan
Anjing mati [dokumentasi]

Penyelundupan anjing yang dilakukan dua warga Jakarta dan Sragen diungkap aparat Polres Kulon Progo ketika melakukan razia kendaraan.

Suara.com - Sepuluh anjing dari 78 anjing yang hendak diselundupkan dari Garut ke Kota Solo mati di perjalanan.

Penyelundupan anjing yang dilakukan dua warga Jakarta dan Sragen diungkap aparat Polres Kulon Progo ketika melakukan razia kendaraan dari luar daerah di Jalan Raya Wates, Purworejo, pada Kamis (6/5/2021), sekitar pukul 01.30 WIB.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, "Kami mengamankan dua pria dengan identitas masing-masing Sugiatno, 49, warga Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Suradi, 48, warga Sragen, Jawa Tengah. Kedua pelaku menggunakan sebuah mobil pick up untuk membawa puluhan anjing tersebut."

Puluhan anjing dimasukkan ke dalam karung dan diletakkan di bak mobil dan sebagian lagi digantung pada palang besi yang didesain khusus untuk menempatkan anjing.

Baca Juga: Dikira Mati Kehabisan Darah, Anjing Ini Prank Pemiliknya

Kedua pengedara mobil tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan.

"Anjing tersebut dibeli dari daerah Garut, Jawa Barat dan dibawa menggunakan mobil melintas wilayah Kulonprogo dengan tujuan Surakarta. Anjing tersebut selanjutnya akan dijual lagi untuk dijadikan masakan yang dikonsumsi masyarakat, seperti tongseng daging anjing," kata Jeffry dalam laporan Solopos.

Komentar