alexametrics

Ayatollah Khamenei Sebut Israel Bukan Negara tapi Basis Teroris

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Ayatollah Khamenei Sebut Israel Bukan Negara tapi Basis Teroris
Pemimpin Agung Ali Khamenei. (AFP)

"Israel bukanlah sebuah negara, tapi basis teroris terhadap Palestina."

Suara.com - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyebut Israel sebagai basis teroris. Menyadur France24, hal ini diungkapkan dalam pidatonya di Hari Al-Quds, Jumat (07/05).

"Israel bukanlah sebuah negara, tapi basis teroris terhadap bangsa Palestina dan negara Muslim lainnya," kata Khamenei dalam sambutan langsung yang disiarkan televisi.

"Memerangi rezim lalim adalah memerangi penindasan dan terorisme, dan (melakukannya) adalah tugas semua orang," tambahnya.

Khamenei juga menyebut normalisasi hubungan Israel dengan beberapa pemerintah Arab sebagai upaya untuk merusak mimpi buruk persatuan Muslim Israel.

Baca Juga: Perangi Bayangan 'Iran', Israel Tingkatkan Serangan Rudal ke Suriah

Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko, dan Sudan memiliki semua hubungan yang dinormalisasi dengan Israel dalam beberapa bulan terakhir di bawah kesepakatan yang ditengahi AS.

Pemimpin Iran, Ayatollah Ali Khamenei. [HO/Khamanei.ir/AFP]
Pemimpin Iran, Ayatollah Ali Khamenei. [HO/Khamanei.ir/AFP]

"Saya mengatakan ini dengan tegas: upaya ini tidak akan mencapai mana-mana," katanya, menyerukan kepada warga Palestina untuk melanjutkan perlawanan mereka dan agar pemerintah Muslim mendukung mereka.

"Penurunan rezim Zionis musuh telah dimulai dan tidak akan berhenti."

Ketegangan dua negara meningkat setelah serangkaian serangan yang terjadi belakangan ini. Maritim, ledakan di fasilitas nuklir Iran, dan pembunuhan seorang ilmuwan nuklir terkemuka yang disalahkan Teheran atas Israel.

Republik Islam tidak mengakui negara Yahudi dan mendukung perjuangan Palestina, serta kelompok bersenjata seperti Hamas dan Hizbullah Lebanon, telah menjadi pilar kebijakan luar negeri Iran sejak revolusi 1979.

Baca Juga: Pesawat Tanker Iran Terbakar di Suriah, Diduga Diserang Pesawat Tanpa Awak

Komentar