alexametrics

Profil Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel yg Menjabat 14 Tahun

Dany Garjito
Profil Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel yg Menjabat 14 Tahun
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (AFP)

Berikut ini profil Benjamin Netanyahu.

Suara.com - Profil Benjamin Netanyahu cukup menyita perhatian. Pasalnya, ia tercatat sebagai Perdana Menteri Israel terlama yakni 14 tahun.

Bisa dikatakan Netanyahu terjun dikancah politik secara tak sengaja. Sebab, Ia mengawali karirnya sebagai seorang militer, lalu beralih ke akademisi, setelah itu menjadi politikus.

Netanyahu dijuluki ‘Raja Bibi’ karena kepiawaiannya merebut kembali kursi orang nomor satu di Israel selepas kalah dalam kontestasi politik. 

Selain itu, Netanyahu juga sukses menaklukkan semua kompetitor untuk jadi pempinan Partai Likud (wadah politik sayap kanan Israel).

Baca Juga: Penyebab Konflik Israel-Palestina, dari Militer ke Situasi Politik

Terlepas dari beragam kontroversi yang mengelilinginya, mulai dari kegagalannya dalam melahirkan perdamaian Israel-Palestina hingga tuduhan korupsi, rupanya Netanyahu berhasil membawa Israel menjadi salah satu negara paling disegani di dunia.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. [AFP]
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. [AFP]

Kabar terbaru, di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, Israel jadi negara yang memimpin vaksinasi nasional. Buat yang ingin mengenal sosoknya, berikut ini profil Benjamin Netanyahu.

Perjalanan Karier di Dunia Militer

Tahun 1963, Netanyahu bersama keluarganya pindah ke Amerika Serikat (AS). Tahun 1967, Netanyahu kembali ke Israel dan masuk militer bergabung dengan komando elit IDF (Israel Defense Forces) selama enam tahun.

Kemudian, Netanyahu diberhentikan dengan pangkat kapten karena mengalami luka pada operasi pembebasan sandera di kawasan pesawat Sabena Airlanes yang waktu itu dibajak di Bandara Ben-Gurion.

Baca Juga: Viral Aksi Bela Palestina, Bendera Israel Digelar dan Dilindas Kendaraan

Perjalanan Karier di Dunia Akademisi

Komentar