alexametrics

Kecam Aksi Keji Israel, Buruh Pendukung Palestina Long March ke Kantor PBB

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Kecam Aksi Keji Israel, Buruh Pendukung Palestina Long March ke Kantor PBB
Massa buruh KSPI saat menggelar longmarch ke gedung PBB Jakarta terkait dukungan ke Palestina. (Suara.com/Arga)

Sementara itu, sejumlah barisan massa yang di depan mobil komando turut membentangkan spanduk bertuliskan 'Solidaritas Buruh Untuk Palestina'.

Suara.com - Massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang menggelar aksi solidaritas untuk Palestina telah tiba ke Gedung PBB, Jakarta Pusat, Selasa (18/5/2021). Para buruh yang sebelumnya berkumpul di Patung Kuda Arjuna Wijaya menggelar long march menuju lokasi aksi unjuk rasa.

Pantauan di lokasi, massa aksi terlihat membawa spanduk tuntutan, bendera Merah Putih, hingga bendera kebangsaan Palestina. Massa aksi tampak berjalan dengan tertib di belakang mobil komando yang berisi pengeras suara.

Sejumlah yel-yel tuntutan terkait kekerasan yang dilakukan oleh militer Israel turut dilantunkan. Sementara itu, sejumlah barisan massa yang di depan mobil komando turut membentangkan spanduk bertuliskan 'Solidaritas Buruh Untuk Palestina'.

Saat ini, massa aksi dari KSPI masih menggelar orasi di depan Kantor PBB. Massa aksi terpantau menyerukan penghentian kekerasan terhadap rakyat Palestina oleh Zionis-Israel.

Baca Juga: Bupati Muba Dodi Reza Kembali Kumpulkan Donasi Bagi Palestina

Sebelumnya, Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas buruh Indonesia untuk rakyat Palestina. Terkini, rakyat Palestina menjadi korban kekerasan oleh rezim militer Israel. 

"Tindakan kekerasan kali ini disebabkan oleh proses pengadilan kontroversial yang mengakibatkan tindakan pengusiran empat keluarga Palestina dari rumah mereka di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur," kata Said dalam keterangan terulisnya hari ini.

Said menambahkan, pengusiran terhadap rakyat Palestina bukan merupakan kebijakan parsial yang berdiri sendiri. Namun, hal itu merupakan bagian yang integral dari tindakan penjajahan rezim Zionis-Israel terhadap rakyat Palestina, yang bertentangan dengan norma hak asasi manusia dan hukum internasional.

Said Iqbal menambahkan, selain di Ibu Kota, aksi juga dilakukan serentak di 24 provinsi di seluruh Indonesia. Mulai dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sumatera Utara, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Aceh, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, hingga Gorontalo.

“Aksi buruh akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti melakukan rapid antigen, menjaga jarak, menggunakan masker, dan membawa handsanitizer,” beber Said Iqbal. 

Baca Juga: Warga Bentangkan Bendera Israel di Parung Bogor, Bebas Dilindas dan Diinjak

Dalam hal ini, lanjut Said, buruh Indonesia mengutuk keras serangan rezim Zionis-Israel kepada rakyat Palestina, yang menyebabkan jatuhnya banyak korban, termasuk anak-anak, perempuan, dan orang tua. 

Komentar