alexametrics

Kenapa Israel Menyerang Palestina? Bagaimana Awal Mulanya?

Rifan Aditya
Kenapa Israel Menyerang Palestina? Bagaimana Awal Mulanya?
Kenapa Israel Menyerang Palestina? Bagaimana Awal Mulanya? - Roket-roket ditembakan dari Gaza oleh kelompok milisi Hamas dan dicegat oleh roket Iron Dome Israel pada 11 Mei 2021. [AFP/Mahmud Hams]

Serangan Israel terhadap Palestina masih terus terjadi. Mungkin ada yang bertanya kenapa Israel menyerang Palestina? Bagaimana awal mula konflik Israel dan Palestina.

Suara.com - Serangan Israel terhadap Palestina masih terus terjadi hingga saat ini. Mungkin ada yang bertanya kenapa Israel menyerang Palestina? Bagaimana awal mula konflik Israel dan Palestina? Simak penjelasannya berikut. 

Israel telah melancarkan serangkaian serangan udara di kota Gaza, Palestina. Serangan Israel kepada Palestina bermula pada upaya Israel menggusur warga Palestina yang ada di wilayah Sheikh Jarrah, Kota Yerussalem bagian timur.

Ketegangan tersebut meningkat pada kerusuhan yang terjadi di Masjid Al-Aqsa saat kepolisian Israel membubarkan warga Palestina yang tengah melaksanakan shalat tarawih. Hingga saat ini, jumlah korban jiwa masih terus berjatuhan dan banyak bangunan yang kemudian runtuh yang diakibatkan serangan roket.

Namun perlu anda ketahui konflik Israel dan Palestina telah terjadi cukup lama. Penyebab kenapa Israel menyerang Palestina dimulai sejak Perang Dunia I.

Baca Juga: UAS Galang Dana, Dewi Tanjung: Jangan Jual Penderitaan Rakyat Palestina

Awal Mula: Zionis Yahudi Eropa dan Perang Dunia I & 2

Konflik dan serangan Israel kepada Palestina telah berlangsung selama puluhan tahun lamanya. Konflik antara Israel dan Palestina bermula saat masing-masih negara ingin menempati tanah yang sama. Awal mula kenapa Israel menyerang Palestina adalah konflik yang terjadi saat wilayah Arab masih menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman.

Pada Perang Dunia I, Kekaisaran Ottoman runtuh dan Inggris mencanangkan Deklarasi Balfour yang dipandang pihak Yahudi dan Arab mendirikan tanah air bagi kaum Yahudi di Palestina. Kaum zionis pada saat itu memilih Palestina berdasarkan keyakinan mereka bahwa tanah suci yang dijanjikan Tuhan kepada kaum Yahudi adalah tanah Palestina.

Pada Perang Dunia II, ratusan ribu orang Yahudi kemudian berpindah ke Palestina untuk melarikan diri dari penganiayaan, kekerasan, dan serangan kepada mereka saat perang terjadi. Pada tahun 1936 warga Palestina melancarkan pemberontakan terhadap Inggris yang mendukung terciptanya zionis di tanah Palestina. Pemberontakan tersebut berlangsung hingga pada tahun 1939.

Setelah pemberontakan tersebut, Inggris kemudian mencoba membatasi imigrasi kaum Yahudi Eropa menuju wilayah Palestina. Zionis akhirnya menyatakan perang terhadap Inggris. Hal itu membuat Inggris menyerahkan permasalahan Palestina kepada PBB, sekaligus Inggris mengakhiri mandat koloninya di tanah Palestina.  

Baca Juga: Cak Nun Serukan Umat Islam Jangan Benci Israel, Alasannya karena Sosok ini!

Pada tahun 1947, PBB menyepakati untuk membagi wilayah Palestina menjadi dua wilayah yakni orang Yahudi dan orang Arab. Kota Yerussalem menjadi kota suci bagi orang Arab dan Yahudi. Pembagian tersebut membuat Palestina menolaknya setelah banyak kota utama dan garis pembagian tidak seimbang antar keduanya.

Komentar