facebook

Link sscasn.bkn.go.id Untuk CPNS 2021 Kapan Dibuka?

Rifan Aditya
Link sscasn.bkn.go.id Untuk CPNS 2021 Kapan Dibuka?
link sscasn.bkn.go.id untuk CPNS 2021 kapan dibuka - Link pendaftaran CPNS 2021. [https://sscasn.bkn.go.id/]

Pertanyaan seputar link sscasn.bkn.go.id untuk CPNS 2021 kapan dibuka masih ramai dilontarkan.

Suara.com - Pertanyaan seputar link sscasn.bkn.go.id untuk CPNS 2021 kapan dibuka masih ramai dilontarkan. Harap tenang, karena pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka.

Ada sebanyak 1.275.384 formasi CPNS dan PPPK yang dibutuhkan tahun 2021 ini. Di mana jumlah tersebut terbagi dari beberapa jenis, yaitu instansi pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi pemerintah daerah sebanyak 1.191.718. Jumlah tersebut termasuk juga guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK Non Guru 70.008 dan CPNS sebanyak 119.094.

Di dalam dokumen bahan paparan Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan RB, Katmoko Ari, disebutkan bahwa seleksi akan dimulai akhir bulan Mei ini.

Untuk diketahui, dokumen tersebut telah disampaikan dalam Rapat Virtual Persiapan Pengadaan CASN Tahun 2021 di Pemerintah Daerah pada tanggal 6 Mei 2021 lalu. Disebutkan bahwa pendaftaran seleksi CPNS 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 31 Mei-21 Juni 2021.

Baca Juga: Beda Golongan dan Eselon PNS, Mau Ikut CPNS 2021 Wajib Tahu

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menerangkan bahwa pendaftaran seleksi ASN, termasuk CPNS nantinya akan menggunakan portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id. Portal SSCASN ini juga akan digunakan untuk dua jenis seleksi ASN lainnya, yaitu Sekolah Kedinasan serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Lantas, link sscasn.bkn.go.id untuk CPNS kapan dibuka? 

Pendaftaran CPNS 2021

Untuk CPNS 2021, setelah masuk portal SSCASN, para pendaftar akan langsung diarahkan menuju alamat https://sscn.bkn.go.id/. Sementara untuk PPPK nantinya akan diarahkan ke alamat https://ssp3k.bkn.go.id/. Sedangkan untuk sekolah kedinasan yang mana saat ini seleksi telah berjalan, alamatnya adalah https://dikdin.bkn.go.id/

Untuk mendukung kelancaran proses seleksi tersebut, BKN telah melakukan peningkatan fitur teknologi dalam SSCASN.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyebutkan, bahwa dengan peningkatan fitur SSCASN yang ada, setiap peserta seleksi ASN tidak perlu mengunggah sejumlah dokumen. Dokumen yang dimaksud adalah ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

Baca Juga: Formasi CPNS untuk D3 2021 dari Kejaksaan RI

Selain itu, Kepala BKN juga telah memastikan bahwa peserta seleksi ASN dapat mengakses informasi seluruh formasi yang dibuka pemerintah. Hal ini termasuk inovasi baru pada portal SSCASN, karena pada seleksi sebelumnya setiap peserta hanya dapat melihat ketersediaan formasi satu per satu di website masing-masing instansi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar