alexametrics

10 Tanda Hari Kiamat

Dany Garjito
10 Tanda Hari Kiamat
Ilustrasi 10 Tanda Hari Kiamat. [Shutterstock]

Berikut tanda-tanda kiamat.

Suara.com - Jantung kita langsung berdetak kencang dan seketika muncul rasa takut yang hebat saat mendengar hari Kiamat. Lantas, apa saja tanda hari kiamat? Simak penjelasannya berikut ini.

Hari kiamat adalah hari hancurnya seluruh alam semesta dan segala isinya. Hari kiamat menjadi hari terakhir hidup di dunia bagi makhluk hidup beserta segala isinya.

Hari kiamat juga disebut yaumul qiyamah yang mana artinya adalah hari kebangkitan. Sebab, pada hari tersebut, seluruh umat manusia dibangkitkan dari kubur dan berdiri menghadap Allah SWT .

Sebagai umat muslim, wajib bagi kita mengimani hari kiamat. Adapun 10 tanda hari kiamat yang perlu kamu tahu yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Palestina-Israel sampai Kiamat Tak Akan Bisa Damai, Gus Baha Ungkap Alasannya

  1. Munculnya Imam Mahdi
    Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Al Hakim, yang berbunyi sebagai berikut.
    “Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun.”
  2. Munculnya Dajal
    Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, yang berbunyi sebagai berikut.
    “Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari dajal.”
  3. Munculnya Nabi Isa ke Dunia
    Allah SWT berfirman dalam surah An-Nisa ayat 159, yang berbunyi sebagai berikut.
    “Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka”
  4. Muncul Ya’juj dan Ma’juj
    ilustrasi hari kiamat. [Shutterstock]
    Ilustrasi 10 Tanda Hari Kiamat. [Shutterstock]
    Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Kahfi ayat 94, yang berbunyi sebagai berikut.
    Mereka berkata, “Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya’juj dan Ma’juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?”
  5. Terbitnya Matahari dari Barat
    Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata: “Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.”
  6. Munculnya Binatang Melata
    Tanda kiamat berikutnya yaitu munculnya binatang melata. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yanh Keterangan munculnya binatang melata disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah seperti pada point 5.
  7. Munculnya Kabut
    Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Ad-Dukhan, mengenai munculnya kabut sebagai tanda akan datangnya hari kiamat. Berikut ini bunyi ayatnya.
    “Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas”
  8. Terjadinya Gempa
    Allah berfirman dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj ayat 1 yang berbunyi sebagai berikut.
    “ Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhan-mu; sungguh, guncangan (hari) kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.”
  9. Hancurnya Ka’bah
    Tanda kiamat yang juga perlu kamu tahu yaitu hancurnya Ka’bah. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. Bersabda:
    “Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah.”
  10. Muncul Api yang keluar dari Yaman
    Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh imam Muslim, bahwa salah satu tanda kiamat yaitu munculnya api. Berikut ini bunyi hadisnya.
    “Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul.”

Demikianlah informasi mengenai 10 tanda hari kiamat yang perlu kamu tahu. Sebelum tiba hari itu, mari tingkatkan amal ibadah kita kepada Allah SWT. Semoga kita bukan termasuk orang-orang yang melihat Hari Kiamat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar