alexametrics

Nyaris Seribu, Warga Jakarta Positif Covid usai Mudik Lebaran Tembus 933 Orang

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Nyaris Seribu, Warga Jakarta Positif Covid usai Mudik Lebaran Tembus 933 Orang
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (tengah) menyebut ada 933 warga DKI Jakarta positif Covid usai mudik. (Suara.com/Yasir)

"Secara keseluruhan sampai dengan hari ini kita berhasil menjaring 933 kasus positif pasca arus balik dari titik penyekatan maupun di basis komunitas..."

Suara.com - Sebanyak 933 pemudik yang kembali ke Jakarta terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terjaring operasi pemeriksaan swab antigen yang tersebar di perbatasan wilayah Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Irjen  Fadil Imran menyebut angka tersebut berdasar data yang dihimpun selama masa penyekatan arus balik lebaran.

"Secara keseluruhan sampai dengan hari ini kita berhasil menjaring 933 kasus positif pasca arus balik dari titik penyekatan maupun di basis komunitas. Setidaknya, Hal ini bisa meminimalisir laju penyebaran virus Covid-19 di wilayah Polda Metro Jaya dan sekitarnya," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Ratusan pemudik yang terkonfirmasi reaktif Covid-19 itu kekinian tengah menjalani isolasi. Mereka diantaranya dirujuk ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan lainnya.

Baca Juga: Positif Covid-19, Satu Keluarga di Pekanbaru Dijemput Ambulans

"Berkat langkah-langkah yang kita laksanakan tersebut, alhamdulillah hingga saat ini angka penambahan kasus positif Covid-19 di DKI dan sekitarnya relatif dapat dikendalikan meski sempat naik namun saat ini sudah menunjukan adanya perbaikan," katanya.

Atas hal itu, Fadil memberikan apresiasi terhadap jajaran personel Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, tenaga kesehatan dan mitra kesehatan lainnya atas kinerjanya selama masa mudik dan balik lebaran. Sekaligus, mengajak mereka untuk sama-sama mensukseskan program vaksinasi pemerintah.

"Ke depan kita akan dihadapkan kepada tugas untuk mensukseskan program vaksinasi nasional, jajaran TNI-Polri akan melaksanakan vaksinasi massal dalam waktu dekat," katanya.

Surat Bebas Covid

Fadil sebelumnya menegaskan kepada warga yang hendak kembali ke Jakarta usai melaksanakan mudik lebaran diwajibkan menyertakan surat bebas Covid-19. Jika tidak, mereka diminta menjalani isolasi mandiri dan melaksanakan swab antigen yang telah disediakan.

Baca Juga: Micro Lockdown Resmi Dicabut, Warga RW 03 Ciracas Positif Covid-19 Sisa 2 Orang

"Jika anda tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid, mereka akan memaksa anda untuk melakukan isolasi mandiri dan dilakukan swab antigen gratis," kata Fadil dalam video yang diunggah akun Twitter @TMCPoldaMetro pada Senin (17/5).

Komentar