alexametrics

Minta Vaksin Nusantara dan Merah Putih Dilanjutkan Terus, DPR: Riset Tak Boleh Dilarang

Dwi Bowo Raharjo | Bagaskara Isdiansyah
Minta Vaksin Nusantara dan Merah Putih Dilanjutkan Terus, DPR: Riset Tak Boleh Dilarang
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membuat penasaran pimpinan dan anggota Komisi VII di dalam rapat dengar pendapat. (tangkap layar)

"Jangan sampai dana mereka yang sudah begitu minim masih ditahan."

Suara.com - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno, mengatakan bahwa sebuah riset tidak boleh dilarang. Menurutnya baik Vaksin Merah Putih mau pun Vaksin Nusantara besutan mantan menteri kesehatan Terawan Putranto perlu dilanjutkan uji klinisnya ke tahap selanjutnya.

"Kita mendukung keduanya vaksin Nusantara dan vaksin Merah Putih untuk bisa melanjutkan uji klinis di tahap berikutnya. Karena ini bagian dari riset dan riset itu tidak boleh dilarang," kata Eddy kepada wartawan, Kamis (17/6/2021).

Selain itu, Eddy juga menyoroti soal pentingnya pendanaan bagi lembaga Eijkman yang sedang melakukan pengembangan Vaksin Merah Putih. Menurutnya, kekinian jangan sampai pendanaan ditahan.

"Jangan sampai dana mereka yang sudah begitu minim masih ditahan dan tidak bisa diturunkan karena akan menggangu proses riset selanjutnya sehingga produksi vaksin Merah Putih bisa juga terganggu," tuturnya.

Baca Juga: Vaksin Nusantara Disebut Buatan Amerika, Terawan: Enggak Perlu Dijawab, Saya Buktikan

Kendati begitu, Eddy mengatakan, pihaknya tidak dalam kapasitas mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pasalnya hal itu di luar kewenangan Komisi VII DPR RI.

Lab pembuatan Vaksin Nusantara di RSUP Kariadi [suara.com/Dafi Yusuf]
Lab pembuatan Vaksin Nusantara di RSUP Kariadi [suara.com/Dafi Yusuf]

"Mengingat Komisi VII kewenangannya ada di pengawasan terkait riset," tandasnya.

Bikin Anggota DPR Penasaran

Terawan sempat membuat penasaran pimpinan dan anggota Komisi VII di dalam rapat dengar pendapat. Sebabnya Terawan memperagakan atau mendemo "masak" Vaksin Nusantara dari awal sampai tahap siap penyuntikan.

Mulanya Terawan mulai memaparkan bagaimana awal mula membuat Vaksin Nusantara. Namun aksinya tersebut disambut rasa penasaran anggota dan pimpinan Komisi II. Sejumlah dari mereka tampak mendekat ke meja Terawan, guna melihat langsung demo "masak" Vaksin Nusantara ala Terawan.

Baca Juga: Demo 'Masak' Vaksin Nusantara ala Terawan Bikin Anggota DPR Penasaran

Terlihat Wakil Ketua Komisi VII mulai dari Eddy Soeparno dan Alex Nurdin mendekat ke meja Terawan. Selain itu Anggota Komisi VII Dyah Roro Esti juga ikut melihat lebih dekat.

"Kalau mendekat izin saya pakai masker," kata Terawan menanti pimpinan dan anggota mendekati mejanya, Rabu (16/6/2021).

Sebelumnya Terawan memaparkan bagaimana proses membuat Vaksin Nusantara. Secara teknis ia mengungkapkan tahap demi tahap prosesnya secara ilmiah.

"Ini kaya masak aja, tapi harus tahu kalau tidak soalnya nanti dikira sulit sekali bikin vaksin. Ini kita ambil 1 Cc tadi yang berisi dosisnya," ucap Terawan memulai paparannya.

Komentar