alexametrics

Kesaksian Pasien Covid-19 Lihat Nakes RS Wisma Atlet Pingsan karena Lelah

Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
Kesaksian Pasien Covid-19 Lihat Nakes RS Wisma Atlet Pingsan karena Lelah
ILUSTRASI - Tenaga kesehatan, ujung tombak perlawanan terhadap pandemi covid-19. [ABC Indonesia]

"Soal nakes pingsan, aku lihat sendiri, memang iya, karena mereka kelelahan. Kejadiannya saat aku di poli untuk diambil darah. Nakes yang pingsan itu perempuan," kata Ikbal

Suara.com - Sudah lebih dari sepekan Ikbal menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, karena positif covid-19.

Ikbal mengakui, menjadi saksi beragam situasi yang menggambarkan gentingnya ibu kota karena wabah corona semakin mengganas.

Bahkan, kata Ikbal, dirinya menyaksikan sendiri ketika tenaga kesehatan RSD Wisma Atlet pingsan saat bertugas.

Ikbal menjadi saksi seorang nakes perempuan tumbang karena tidak bisa menahan lelah. Itu terjadi ketika jumlah pasien baru di RSD Wisma Atlet terus bertambah. 

Baca Juga: Cerita Nakes Kesulitan Napas karena RSD Wisma Atlet Penuh, Pasien Covid-19 Sedih

"Soal nakes pingsan, aku lihat sendiri, memang iya, karena mereka kelelahan. Kejadiannya saat aku di poli untuk diambil darah. Nakes yang pingsan itu perempuan," kata Ikbal kepada Suara.com, Jumat (18/6/2021). 

Melihat kondisi tersebut, Ikbal tidak bisa menahan perasaan sedih. Ia merasa iba ketika melihat nakes bekerja ekstra saat jumlah pasien kembali merangkak naik. 

"Kasihan banget, sedih kalau ingat itu," ujarnya. 

Pingsannya nakes menjadi salah satu dampak dari beratnya pekerjaan mereka sebagai garda terdepan penanganan covid-19. Beratnya tugas nakes juga dirasakan Ikbal saat berada satu lift dengan mereka. 

Di suasana nan hening, Ikbal mendengar ada hirupan napas yang berat dari salah satu nakes. Itu pula yang membuat Ikbal terpancing untuk menanyakan keadaan salah satu nakes tersebut. 

Baca Juga: Gawat! Nakes di RSD Wisma Atlet Mulai Tumbang, Pingsan Terpapar Covid-19 hingga DBD

Untuk diketahui, nakes yang menangani pasien covid-19 harus mengenakan alat pelindung diri (APD) berlapis-lapis. Itu yang membuat nakes seringkali dibanjiri keringat. 

Komentar