alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Gambar Anies di Artikel Pembongkaran Sepeda Jalur Sudirman-Thamrin, Benarkah?

Reza Gunadha | Aulia Hafisa
CEK FAKTA: Gambar Anies di Artikel Pembongkaran Sepeda Jalur Sudirman-Thamrin, Benarkah?
Gambar Anies di Artikel Pembongkaran Sepeda Jalur Sudirman-Thamrin, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Beredar artikel dengan gambar Anies Baswedan berjudul Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M. Benarkah?

Suara.com - Beredar di Facebook gambar tangkapan layar artikel detik.com dengan judul Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M”. Unggahantersebut diunggah oleh akun Facebook Dwi Hapsari.

Berikut narasi yang beredar:

“Salah Saya Dimana? Saya Nggak Ngapa”-in”

Lalu benarkah informasi tersebut?

Baca Juga: Aksi Tukang Tambal Ban Saat Kerja Bikin Publik Terenyuh, Ini Dia Sebabnya

Menurut penelusuran Turnbackhoax.id-- jaringan Media Suara.com, Saat ditelusuri mengunakan kata kunci judul pada tangkapan layar postingan Facebook ditemukan judul yang sama, namun dengan gambar yang berbeda, yang diunggah pada 16 Juni 2021.

Dalam artikel asli finance.detik.com, foto yang dipublikasikan merupakan foto para pesepeda melewati jalur sepeda, bukan gambar Anies Baswedan dengan narasi “Salah Saya Dimana ? Saya Nggak Ngapa”in kok…”.

Gambar asli Anies Baswedan terdapat dalam artikel bogor.pikiran-rakyat.com, dengan judul “Fakta atau Hoaks: Anies Baswedan Dikabarkan Siap Pimpin Palestina Lawan Pasukan Israel, Simak Faktanya”, tanpa ada tambahan tulisan “Salah Saya Dimana ? Saya Nggak Ngapa”in kok…”.

Artikel Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M
Artikel Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Mau Dibongkar Telan Rp 30 M

Kesimpulan

Dengan demikian berdasarkan penjelasan di atas, maka termasuk konten yang menyesatkan.

Baca Juga: Kelakuan "Aneh", Bos Idaman Warganet Ini Banjir Doa dan Pujian

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar