alexametrics

Contoh Khutbah Idul Adha 2021, Memaknai Kurban

Rifan Aditya
Contoh Khutbah Idul Adha 2021, Memaknai Kurban
Contoh khutbah Idul Adha - ilustrasi khutbah - Khatib membaca isi khutbah usai melaksanakan shalat Idul Adha di lapangan Nunu Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (4/10). [Antara/Basri Marzuki]

Berikut contoh khutbah Idul Adha 2021 tentang memaknai kurban. Idul Adha 2021 akan jatuh pada 20 Juli 2021

Suara.com - Berikut contoh khutbah Idul Adha 2021 tentang memaknai kurban. Idul Adha 2021 atau 1442 H akan jatuh pada 20 Juli 2021.

Contoh khutbah Idul Adha biasanya tak jauh-jauh dari tema memaknai kurban. Cerita ini dimulai dengan perintah Allah kepada Nabi Ibrahim As untuk menyembelih putranya sendiri yakni Nabi Ismail As.

Perintah untuk menyembelih sang putra itu datang melalui mimpi. Namun, saat penyembelihan, Allah SWT. menggantinya dengan seekor domba. Dari sanalah muncul perintah berkurban tiap Idul Adha.

Melansir NU Online, perintah berkurban ini juga tertulis dalam QS Ash-Shoffat ayat 102 yang berarti, maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim maka Ibrahim berkata. “Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!”

Baca Juga: Bumbu Sate: Macam-macam dan Cara Membuatnya

Ia menjawab,”Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintakan kepadamu, Insya Allah kamu akan mendapatkanku termasuk pada orang-orang yang sabar.” Jawaban Nabi Ismail inilah yang mengingatkan kita semua untuk kembali kepada tujuan hidup yakni beribadah kepada Allah Swt.

Hikmah dari ujian Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya adalah keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Keikhlasan menjadi salah satu kunci untuk memperoleh rida Allah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Jika kita melaksanakan ibadah tanpa didasari oleh keikhlasan maka niscaya yang kita lakukan akan menjadi sebuah kesia-siaan belaka.

Dalam berkurban kita harus ikhlas dan siap mengorbankan sebagian harta kita untuk orang lain yang pada hakikatnya perlu kita camkan bahwa semuanya adalah milik Allah SWT.

Sama seperti Idul Fitri, hari raya Idul Adha juga akan diawali dengan salat id. Hanya saja bedanya salat Idul Adha dilaksanakan lebih pagi untuk menyegerakan penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga: Cara Membersihkan Daging Sapi saat Idul Adha

Perlu diketahui bahwa salah satu syarat sah salat Idul Adha adalah dengan mendengarkan khutbah Idul Adha di akhir salat.

Komentar