alexametrics

Pasca Operasi dan Jalani Perawatan 10 Hari, Paus Fransiskus Akhirnya Pulang

Rendy Adrikni Sadikin | Hikmawan Muhamad Firdaus
Pasca Operasi dan Jalani Perawatan 10 Hari, Paus Fransiskus Akhirnya Pulang
Sri Paus Fransiskus saat membawakan berkat Urbi et Orbi di depan Basilika Santo Petrus, Vatikan (27/3/2020) [Vatican News].

Paus menjalani pengangkatan usus besar di sebuah rumah sakit di Roma, Italia.

Suara.com - Paus Fransiskus telah meninggalkan rumah sakit setelah menjalani operasi pengangkatan usus besar dan menjalani perawatan selama 10 hari di rumah sakit.

Menyadur Sky News Rabu (14/7/2021), Paus berusia 84 tahun tersebut keluar dari rumah sakit pada Selasa (13/7) setelah menjalani perawatan selama 10 hari.

Dalam sebuah foto, Paus tampak keluar dari mobil yang mengantarnya kembali ke Vatikan dan menyapa penjaga di Gerbang Perugino. Sebelum itu ia berhenti untuk berdoa di basilika Santa Maria Maggiore Roma.

"Dia ingin mengungkapkan rasa terima kasihnya atas keberhasilan operasinya dan berdoa untuk semua orang yang sakit, terutama mereka yang ditemui selama di rumah sakit", kata juru bicara Vatikan, Matteo Bruni.

Baca Juga: Spiderman Datangi Paus Fransiskus di Tahta Suci Vatikan, Beri Hadiah Topeng

Paus menjalani operasi di rumah sakit Gemelli Roma pada 4 Juli untuk mengatasi penyempitan yang dilaporkan cukup parah pada bagian usus besarnya.

Menurut juru bicara Vatikan, Paus Fransiskus menjalani operasi pengangkatan selama tiga jam dan setelah itu dia dalam kondisi baik.

Operasi tersebut adalah satu-satunya operasi besar yang dijalani Paus Fransiskus sejak menerima kepausan pada 2013.

Awalnya Paus akan pulang dari rumah sakit pada pada akhir pekan, tetapi Vatikan mengatakan perlu tinggal beberapa hari lagi untuk pemulihan dan rehabilitasi lebih lanjut.

Paus tampil di depan publik pertamanya sejak menjalani operasi pada hari Minggu, berdiri selama sekitar 10 menit saat berbicara dari balkon kamar tempat ia dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Remaja Edit Video Paus Fransiskus Ditangkap, Ujung-ujungnya Minta Maaf

Pada hari Selasa, Paus Fransiskus mengunjungi bangsal kanker anak-anak, wajahnya tampak tersenyum dan berjalan tanpa bantuan.

Pada bulan September, Paus Fransiskus memiliki rencana kunjungan ke Slovakia dan Budapest, ibu kota Hongaria, jika kondisinya memungkinkan.

Dua bulan kemudian, Paus juga diharapkan akan hadir dan berpidato di konferensi perubahan iklim COP26 di Glasgow.

Komentar