alexametrics

Kumpulan Doa Buka Puasa Arafah Lengkap dengan Artinya

Rifan Aditya
Kumpulan Doa Buka Puasa Arafah Lengkap dengan Artinya
Kumpulan Doa Buka Puasa Arafah Lengkap dengan Artinya - Ilustrasi remaja muslim puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Berikut niat dan doa buka puasa arafah yang jangan lupa anda baca ketika besok akan memutuskan untuk berpuasa sebelum Idul Adha 2021.

Suara.com - Besok, tepat sehari sebelum hari raya Idul Adha 1442 H, jangan lupa mengerjakan puasa arafah 2021. Sama seperti ibadah puasa pada umumnya, puasa arafah juga perlu diawali dengan niat dan diakhiri dengan berbuka puasa. Lalu bagaimana niat dan doa buka puasa arafah? 

Bacaan Niat Puasa Arafah

Praktik ibadah puasa Arafah tidak jauh berbeda dengan puasa wajib di bulan Ramadhan. Akan tetapi dalam pelafalan niat puasanya, ada beberapa hal yang disesuaikan. 

Setiap amal ibadah yang akan dikerjakan tentu harus diawali dengan niat karena Allah baik dilafalkan secara lisan maupun di dalam hati. Bacaan niat dapat dilafalkan pada malam hari atau saat sahur. Adapun lafal niat puasa Arafah adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Aturan Perjalanan Libur Idul Adha 2021, Berlaku 19 Juli 2021

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'alaa

Artinya: "Saya niat berpuasa sunnah Arafah karena Allah Ta'ala."

Doa Buka Puasa Arafah

Adapun doa buka puasa arafah sama dengan puasa Ramadhan, yaitu:

Allahuma laka shumtu wabika amantu wa'ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimiin

Baca Juga: Tata Cara Shalat Idul Adha 2021 di Masa Pandemi Menurut Anjuran MUI

Artinya: "Ya Allah, untuk Engkau aku berpuasa, dan dengan Engkau aku beriman, dan atas rizqi Engkau aku berbuka dengan rahmat-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang."

Komentar