alexametrics

Isoman di Rumah Dinas Bikin Tetangga Protes, Anggota DPR Diberi Fasiitas Hotel Berbintang

Chandra Iswinarno | Novian Ardiansyah
Isoman di Rumah Dinas Bikin Tetangga Protes, Anggota DPR Diberi Fasiitas Hotel Berbintang
Kompleks Rumah Dinas DPR di Kalibata, Jakarta Selatan. (Suara.com/yosea Arga)

Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan penghuni Kompleks Rumah Dinas DPR komplain atau protes jika ada legislator yang diketahui positif Covid-19 menjalanin isoman di rumah.

Suara.com - Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan penghuni Kompleks Rumah Dinas DPR di Kalibata komplain atau protes jika ada legislator yang diketahui positif Covid-19, tetap menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah dinas.

Kebanyakan penghuni takut, jika kedapatan ada anggota positif di lingkungan kompleks. Lantaran alasan protes dari tetangga itu yang melatarbelakangi Sekretariat DPR bekerja sama dengan beberapa hotel berbintang tiga untuk memberikan fasilitas kepada anggota DPR.

Hal itu tentunya untuk memberikan ruang karantina bagi anggota dewan agar dapat meninggalkan rumah dinas saat terpapar Covid-19. Indra mengatakan, penghuni yang protes adanya isoman di rumah dinas tersebut tidak hanya satu dua orang tetangga.

"Sebenarnya nggak satu, ada beberapa. Saya dikomplain karena ada berapa belas rumah yang minggu lalu posisinya positif. Mereka punya anak-anak kecil takut, main-main. Karena itu kan bisa ke mana-mana udaranya," ujar Indra kepada wartawan, Selasa (27/7/2021)

Baca Juga: Ini Sederet Fasilitas yang Didapat Anggota DPR saat Isolasi Mandiri di Hotel Mewah

"Ya kami prepare untuk mengatasi ini. Karena ini kan sangat serius, persoalan Covid ini sudah darurat. Jadi cara berpikir kami yang mengamankan semuanya," sambung Indra.

Indra mengatakan bahwa saat ini harus dipahami bahwa publik saat ini paranoid terhadap mereka yang terpapar Covid-19. Terlebih, jika yang terpapar itu berada di sekitar lingkungan tempat tinggal.

"Psikologi publik semua serba takut. Walaupun di udara terbuka tapi rumah-rumah DPR itu nempel-nempel kan. Tentu berisiko lah penyebaran lewat udara segala macam. Karena teori medik menyebutkan bisa lewat mana-mana penyebaran sekarang ini, airborne dan sebagainya," ujar Indra.

Sebelumnya diberitakan, Anggota DPR yang terpapar Covid-19 kini bisa menjalani isolasi mandiri di beberapa hotel berbintang yang disediakan khusus untuk mereka.

Fasilitas berupa isoman di hotel itu disediakan oleh Sekretariat Jenderal DPR.

Baca Juga: Anggota DPR Positif Covid Isoman di Hotel Bintang 3, dari Mana Sumber Anggarannya?

Melalui surat bernomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 tertulis bahwa Sekretariat Jenderal DPR bekerja sama dengan beberapa hotel untuk menyediakan fasilitas isoman anggota Dewan.

Komentar