alexametrics

Diduga Terlibat Pembunuhan Presiden, Komandan Paspampres Haiti Ditangkap

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Diduga Terlibat Pembunuhan Presiden, Komandan Paspampres Haiti Ditangkap
Pemakaman Presiden Haiti Jovenel Moise yang tewas terbunuh. (Foto: AFP)

Ia diduga membiarkan para pelaku masuk ke rumah Jovenel Moise.

Suara.com - Kepala keamanan presiden Haiti ditangkap oleh polisi setelah diduga ikut terlibat dalam pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada 7 Juli 2021.

Menyadur Channel News Asia Selasa (27/7/2021) Jean Laguel Civil dicurigai terlibat dalam pembunuhan Presiden Moise di rumahnya sendiri pada 7 Juli 2021.

Presiden Moise dibunuh saat tertidur pada tengah malam oleh sekelompok orang bersenjata yang melewati pasukan penjaga presiden tanpa melepaskan tembakan.

Civil telah ditahan di sebuah penjara yang terletak di kota Delmas, tak jauh dari ibukota Port-au-Prince.

Baca Juga: Terungkap! 7 Tersangka Pembunuh Presiden Haiti Pernah Dilatih Militer di AS

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa Jean Laguel Civil ditangkap pada Senin oleh polisi sebagai bagian dari penyelidikan pembunuhan presiden Jovenel Moise," kata juru bicara polisi Marie Michelle Verrier kepada AFP.

Komisaris Port-au-Prince Bed-ford Claude memerintahkan otoritas imigrasi untuk melarang empat petugas polisi, yang bertanggung jawab atas keamanan Moise, meninggalkan negara.

Kepolisian Haiti juga mengeluarkan surat perintah untuk menahan Wendell Coq Thelot, seorang hakim pengadilan tinggi yang telah dipecat oleh Moise.

Ariel Henry, Perdana Menteri Haiti yang baru dilantik, berjanji akan membawa seluruh pelaku pembunuhan Presiden Moise ke pengadilan.

Polisi Haiti hingga saat ini telah menangkap sekitar 20 tentara bayaran Kolombia yang diduga terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut.

Baca Juga: Presiden Haiti Tewas Dibunuh, AS Pertimbangkan Kirim Bantuan Pasukan

Puluhan tentara bayaran tersebut diduga menjalin kerjasama dan diorganisir oleh sekelompok warga Haiti yang memiliki hubungan dengan pihak asing.

Komentar