alexametrics

Tinjau Vaksinasi di Ponpes, Kepala BIN: Ketahanan NKRI Ada di Sini

Chandra Iswinarno | Muhammad Yasir
Tinjau Vaksinasi di Ponpes, Kepala BIN: Ketahanan NKRI Ada di Sini
Kepala BIN Budi Gunawan saat menggelar vaksinasi massal Covid-19 di Ponpes Ummul Qura, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten pada Minggu (1/8/2021). [Dok.]

BIN menggelar vaksinasi massal Covid-19 bagi kalangan santri. Salah satu kegiatan tersebut digelar di Pondok Pesantren Ummul Qura, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Suara.com - Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi massal Covid-19 bagi kalangan santri. Salah satu kegiatan tersebut digelar di Pondok Pesantren Ummul Qura, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. 

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan kegiatan vaksinasi bagi santri-santri di pondok pesantren merupakan program prioritas BIN. 

"Karena di sinilah para generasi muda dididik untuk aspek religius, kemudian nasionalis, dan toleran. Ketahanan NKRI kita ada di sini, sehingga ini menjadi prioritas kita," katanya kepada wartawan, Minggu (1/8/2021).

Dia mengemukakan ada 7.000 vaksinasi yang akan digelar BIN hari ini. Pelaksanaannya tersebar di wilayah Banten, Jawa Barat, hingga Jawa Timur.

Baca Juga: Vaksinasi Jadi Syarat Pembukaan Kegiatan, Anies: Penyintas Dapat Pengecualian

"Hari ini kami masuk di beberapa titik di provinsi Banten, yaitu di Tangerang kemudian juga di Pandeglang. Kemudian di Bekasi juga ada tiga titik pondok pesantren. Termasuk di Jawa Timur, ada lima pondok pesantren yang kita datangi untuk melakukan program itu," katanya.

Alasan BIN menggelar vaksinasi di wilayah tersebut lantaran masuk kategori wilayah dengan angka kasus positif Covid-19 tertinggi. Bahkan, kata Budi Gunawan, wilayah tersebut masuk kategori zona hitam.

"Spot-spot ini kita pilih karena lonjakan angka positif ratenya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam. Sehingga kami masuk di tiga titik tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi Gunawan menyampaikan kegiatan vaksinasi massal di pondok pesantren merupakan tindak lanjut atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat proses vaksinasi. Selain menggelar vaksinasi BIN juga turut membagikan 7.000 bantuan paket sembako.

Baca Juga: Mahasiswa Dianiaya saat Minta Surat Vaksin, Zaelani Sempat Ditimpuk Satpam GBK Pakai HT

Komentar