alexametrics

Penyebab Nama Tidak Terdaftar BPUM Padahal Sudah Registrasi via E-Form BRI

Rifan Aditya
Penyebab Nama Tidak Terdaftar BPUM Padahal Sudah Registrasi via E-Form BRI
Solusi Nama Tidak Terdaftar BPUM Padahal Sudah Registrasi via E-Form BRI - situs eform.bri.co.id. (https://eform.bri.co.id/bpum)

Ini penyebab nama tidak terdaftar BPUM padahal sudah registrasi via e-form BRI.

Suara.com - Anda mendaftar program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) via e-form BRI namun namanya tidak terdaftar? Tenang, tidak perlu panik. Ini penyebab nama tidak terdaftar BPUM padahal sudah registrasi via e-form BRI.

Namun perlu diingat, Anda yang sudah pernah menerima BPUM UMKM tidak akan menerima bantuan yang sama untuk kedua kalinya. Kementerian Koperasi dan UKM melalui siaran resminya menyebutkan kebijakan agar penerima BPUM di tahap sebelumnya tidak lagi menerima bantuan yang sama diambil untuk pemerataan bantuan.

Dengan demikian, orang yang terdaftar sebagai penerima BPUM tahap 1 maupun 2 tidak akan bisa lagi menerima BPUM tahap 3 yang saat ini proses pendaftarannya tengah berjalan. BPUM memberikan bantuan tunai senilai Rp 1,2 juta kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Saat ini BPUM UMKM telah tersalurkan sebanyak dua tahap. Pemerintah rencananya bakal menyalurkan BPUM tahap kedua kepada tiga juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Distribusi bantuan dibagi menjadi tiga tahap yakni pada bulan Juli, Agustus, dan berakhir pada September 2021.

Baca Juga: Mau Mencairkan BPUM UMKM Tanpa Antre, Begini Caranya

Cara Daftar BPUM UMKM

Sementara itu, bagi pelaku UMKM yang ingin mendaftarkan diri menjadi penerima BPUM dapat mengakses eform.bri.co.id dan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka laman eform.bri.co.id;
  2. Klik BPUM yang tertera pada bagian bawah
  3. Masukkan NIK anggota keluarga yang didaftarkan sebagai calon penerima BPUM
  4. Ketik kode captcha tertera dan klik Proses Inquiry

Pengajuan BPUM hanya diperbolehkan bagi pelaku UMKM yang bukan pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI, Polri, dan pegawai BUMN/BUMD. Penerima BPUM juga harus memiliki usaha berbentuk UMKM dan tidak sedang mengajukan kredit usaha rakyat (KUR).

Cara Cek Penerima BPUM UMKM

Setelah mendaftar, nama penerima BPUM juga dapat dicek lewat akun yang sama. Caranya buka laman eform.bri.co.id kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga: Warga Riau Mesti Tahu Cara Mencairkan BPUM Tanpa Antre Bank, Simak Penjelasannya

  1. Nasabah yang memenuhi syarat sebagai penerima BPUM akan diarahkan ke halaman reservasi.
  2. Nasabah melengkapi nomor isian seperti nomor KT, provinsi, kota/kabupaten tempat tinggal, dan nomor antrean.
  3. Simpan nomor referensi yang akan muncul setelah semua data terisi. Nomor referensi wajib disimpan dan tidak boleh hilang.
  4. Nasabah datang ke UKO sesuai jadwal yang ditentukan. Jika tidak, maka proses reservasi harus diulang dari awal.

Nomor Pengaduan BPUM

Komentar