alexametrics

Doa Ketika Dipuji dalam Islam, Menghindarkan dari Sifat Sombong

Rifan Aditya
Doa Ketika Dipuji dalam Islam, Menghindarkan dari Sifat Sombong
Doa Ketika Dipuji dalam Islam, Menghindarkan dari Sifat Sombong - Ilustrasi berdoa, niat puasa, dzikir, doa setelah sholat (Elemen Envato)

Agar tidak terjebak dalam kesombongan, doa ketika dipuji dalam Islam berikut ini bisa dibaca.

Suara.com - Sombong dan takabur menjadi sifat manusia yang wajib dihindari oleh umat muslim. Namun, tak jarang sifat sombong itu justru datang ketika kita dipuji sesama manusia. Agar tidak terjebak dalam kesombongan, doa ketika dipuji dalam Islam berikut ini bisa dibaca.  

Doa Ketika Dipuji dalam Islam

Bacaan latin doa ketika dipuji dalam Islam:

Allahumma laa tu akhidzni bima yaquuluuna, waghfirlii maa laa ya'lamuuna Waj 'al nii khairommimmaa yazhunnuun.

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Alquran yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Artinya:

Ya Allah, semoga Engkau tidak menghukumku karena apa yang mereka katakan. Ampunilah aku atas apa yang tidak mereka ketahui. Dan jadikanlah aku lebih baik daripada yang mereka perkirakan.

Melansir NU Online disebutkan bahwa doa ketika dipuji ini sering dibaca oleh Abu Bakar ketika menerima pujian dari orang lain. Melalui doa ini beliau meminta pada Allah agar tidak disiksa karena pujian tersebut dan memohon agar Allah SWT menjadikan dirinya lebih baik dari pujian yang ditujukan kepadanya.

Adab Ketika Dipuji dalam Islam

Syekh Ahmad Zarruq dalam As-Syirkatul Qaumiyyah mengatakan bahwa pujian itu tidak tercela dan tidak juga terpuji, karena pujian itu dapat mengantarkan seseorang pada kesempurnaan, kekurangan, atau sesuatu selain keduanya.

Baca Juga: Inspirasi 150 Nama Bayi Laki-laki Berawalan Huruf E, Artinya Baik-baik Semua, Earl, Easan

Namun, sebagai umat muslim hendaklah kita menyadari bahwa hanya Allah yang berhak mendapatkan pujian itu. Dengan demikian, umat muslim akan mengembalikan pujian tersebut hanya kepada Allah.

Komentar