alexametrics

Salat Subuh Kesiangan, Ini yang Harus Dilakukan Menurut Almarhum Syekh Ali Jaber

Dany Garjito
Salat Subuh Kesiangan, Ini yang Harus Dilakukan Menurut Almarhum Syekh Ali Jaber
Salat Subuh Kesiangan, Ini yang Harus Dilakukan Menurut Almarhum Syekh Ali Jaber. Ilustrasi salat, sholat, ibadah. [Shutterstock]

Apa yang harus dilakukan jika kesiangan salat subuh? Ini penjelasan Syekh Ali Jaber.

Suara.com - Salat subuh kesiangan apa yang harus dilakukan? Nah, untuk mengetahui jawabannya, mari simak bersama penjelasan berikut.

Salat Subuh

Salat lima waktu yaitu Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya adalah kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap umat muslim. Meskipun wajib, namun seringkali beberapa umat muslim melewatkan salat Subuh karena tidak terbangun pada saat waktu salat Subuh dan akhirnya kesiangan.

Manusia merupakan makhluk yang penuh dengan dosa dan kelalaian, salah satunya adalah lalai dalam menjalankan kewajibannya yaitu salat. Lantas, bagaimana solusinya jika hal tersebut terjadi? Begini jawaban dari almarhum Syekh Ali Jaber yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: 1 Amalan Ringan Ini Disebut Bisa Jadi Jaminan Masuk Surga Menurut Almarhum Syekh Ali Jaber

Solusi Jika Kesiangan salat Subuh

Melansir salah satu video di kanal Youtube Kompilasi Tausiyah yang diunggah pada 3 Januari 2021, Syekh Ali Jaber sempat menjelaskan mengenai hal tersebut. Syekh Ali Jaber menjelaskan tentang bagaimana jika seseorang kesiangan saat salat Subuh. Syekh Ali Jaber kemudian melafalkan salah satu hadist yang memiliki arti sebagai berikut:

"Barangsiapa yang ketiduran dari waktu salat, atau lupa tinggalin salat, fal yushollihaa!".

Ilustrasi salat, sholat, ibadah, berdoa. [Shutterstock]
Salat Subuh Kesiangan, Ini yang Harus Dilakukan Menurut Almarhum Syekh Ali Jaber. Ilustrasi salat, sholat, ibadah, berdoa. [Shutterstock]

Menurut Syekh Ali Jaber, dalam hadist tersebut solusi dari Rasulullah menggunakan huruf hijaiyah 'fa' yang artinya 'segera' untuk mengimbau orang-orang yang tidak melaksanakan salat karena ketiduran ataupun lupa. Syekh Ali Jaber melanjutkan penjelasannya, bahwa setelah bangun tidur dan teringat bahwa belum melaksanakan salat Subuh, maka seorang muslim harus segera melaksanakan salat Subuh itu.

Rasulullah menyuruh untuk menyegerakan salat Subuh walaupun kesiangan karena tidak ada kafarah atau pengganti berupa bayar sedekah. Jadi, walaupun kamu bangun kesiangan, habis waktu salat Subuh, maka segera ambil wudhu dan salat Subuh. Tidak boleh ditunda! Penjelasan ini menurut Syekh Ali Jaber juga berlaku untuk salat fardhu yang lainnya, seperti Dhuhur, Ashar, Maghrib, atau Isya.

Baca Juga: 13 Ayat di Dalam Al Quran Berkaitan Rezeki yang Disarankan Dibaca Saat Salat Dhuha

Biasakan salat di Awal Waktu

Doa Terhindar dari Overthinking Sebelum Tidur. (Suara.com/Ema Rohima)
Doa Terhindar dari Overthinking Sebelum Tidur. (Suara.com/Ema Rohima)

Salat di awal waktu memiliki keutamaan lebih daripada salat di waktu-waktu lainnya. Dalam satu riwayat dari Ibnu Mas’ud ra dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Amalan yang paling afdhal (utama) adalah mendirikan salat (lima waktu) di awal waktu" (HR. Imam Tirmidzi).

Hadis di atas menunjukkan bahwa salat di awal waktu adalah yang paling utama sehingga bagi yang salat selain di awal waktu tidak otomatis menjadi orang tercela. Namun, alangkah baiknya kita membiasakan diri untuk salat di awal waktu karena fadilahnya tidak bisa disepelekan.

Video viral pria salat di dalam bak truk:

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar