alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Ruben Onsu Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Mobil yang Cukup Parah?

Reza Gunadha | Aprilo Ade Wismoyo
CEK FAKTA: Benarkah Ruben Onsu Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Mobil yang Cukup Parah?
Cek Fakta Ruben Onsu meninggal dunia karena kecelakaan mobil (turnbackhoax.id)

Beredar narasi yang menyebut bahwa Ruben Onsu meninggal dunia karena kecelakaan mobil yang cukup parah, benarkah demikian? Simak fakta berikut ini.

Suara.com - Viral di media sosial sebuah video dengan narasi yang menyebut bahwa presenter terkenal Ruben Onsu meninggal dunia akibat kecelakaan yang cukup parah.

Video tersebut diunggah oleh kanal YouTube Kiss Seleb pada 10 September 2021 lalu, dan telah ditonton sebanyak 36.697 kali.

Keterangan dalam video itu menyebut bahwa ada kabar duka yang datang dari dunia hiburan tanah air. Disebutkan bahwa Ruben Onsu meninggal dunia karena kecelakaan mobil.

Berikut narasinya:

Baca Juga: Viral Toko di Yogyakarta Diduga Jual Masker Bekas, Begini Penjelasan Pihak Penjual

"Kabar Duk4… Ruben Onsu Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Mobil Yang Cukup Parah?"

Narasi dalam gambar:

"Innalillahi Wainnalillahi Rojiun KABAR DUK4 DARI RUBEN ONSU Semoga Khusnul Khotimah"

Cek Fakta Ruben Onsu meninggal dunia karena kecelakaan mobil (turnbackhoax.id)
Cek Fakta Ruben Onsu meninggal dunia karena kecelakaan mobil (turnbackhoax.id)

Lantas benarkah narasi tersebut?

PENJELASAN

Baca Juga: Viral Modus Penjualan Masker Bekas di Yogyakarta, Kondisinya Bikin Publik Ngeri

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Ruben Onsu dalam keadaan sehat dan masih aktif mengunggah beberapa foto dan video di akun Instagram resminya, ruben_onsu.

Pada Jumat (17/9/2021) Ruben Onsu juga masih mengisi acara di salah satu stasiun tv swasta.

Instagram story milik Ruben Onsu pun terpantau masih mengunggah beberapa foto dan video hingga Sabtu (18/9/2021) pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut, narasi serupa juga pernah beredar pada bulan Juli 2021 lalu dan telah dibantah langsung oleh Ruben.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, narasi meninggalnya Ruben Onsu dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube 'Kiss Seleb' tidaklah benar. Konten tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar