alexametrics

Joman Dukung Ganjar Pranowo Nyapres 2024, Projo Tunggu Komando Jokowi

Dwi Bowo Raharjo | Bagaskara Isdiansyah
Joman Dukung Ganjar Pranowo Nyapres 2024, Projo Tunggu Komando Jokowi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. [Dok Pemprov Jateng]

"Kami dari PROJO saat ini masih memprioritaskan program percepatan vaksinasi nasional."

Suara.com - Ketua Umum Projo Budie Arie Setiadi mengatakan pihaknya tidak akan mempermasalahkan terkait relawan Jokowi Mania (Joman) mendeklarasikan Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Kekinian Projo sendiri masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo terkait dukungan capres-cawapres.

"Buat kami tidak masalah jika ada pendukung Jokowi yang mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres berikutnya," kata Budi saat dihubungi Suara.com, Kamis (23/9/2021).

Budi mengatakan dukungan yang diberikan Joman kepada Ganjar merupakan hak dan aspirasi setiap warga negara. Menurutnya, hal tersebut sah-sah aja untuk dilakukan.

"Kami dari PROJO saat ini masih memprioritaskan program percepatan vaksinasi nasional. Menyelamatkan dan memperhatikan akses vaksin bagi masyarakat adalah yang utama saat ini," tuturnya.

Baca Juga: Harga Pakan Melambung, Peternak Gunungkidul Dapat Bantuan 85 Ton Jagung dari Jokowi

Dengan Joman mendeklarasikan Ganjar, Budi membantah relawan Jokowi menjadi pecah. Menurutnya, semua masih dalam situasi solid.

"PROJO tunggu komando Jokowi soal capres. Yang pasti kami akan dukung yang menjadi kehendaknya rakyat," tandasnya.

Deklarasi Ganjar

Sebelumnya, Relawan Jokowi Mania atau Joman memilih mendeklarasikan Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024. Dengan nama GP Mania, Joman mendukung Ganjar lantaran salah satunya melihat sosok Gubernur Jawa Tengah itu sebagai The Next Jokowi.

Presiden RI Joko Widodo bertolak menuju ke Provinsi Jawa Timur untuk meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi serta meresmikan bendungan pada Selasa (7/9/2021). [ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev/aa]
Presiden RI Joko Widodo bertolak menuju ke Provinsi Jawa Timur untuk meninjau pelaksanaan kegiatan vaksinasi serta meresmikan bendungan pada Selasa (7/9/2021). [ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev/aa]

"Ganjar ini kan sosok menurut kami ada semacam kemiripan gitu secara kerja. Maka kami melihatnya kami juga butuh siapa next Jokowi ini. Ya kami pilih mas Ganjar, kami sampaikan kepada kawan-kawan Ganjar the next Jokowi," kata Ketua Umum Joman, Immanuel Ebenezer saat dihubungi, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Momen Jokowi Naik Perahu Kecil Seberangi Sungai Demi Sapa Warga Pesisir Cilacap

Setidaknya Immanuel, menyampaikan 3 pertimbangan Joman memilih mendeklarasikan Ganjar maju Pilpres 2024. Pertama, Joman melihat kerja-kerja Ganjar yang diklaim luar biasa.

"Kedua sosok Ganjar yang memiliki integritas ketiga beliau kita lihat memiliki komitmen kebhinekaan. Dan kebhinekaan itu beliau praktekan bukan pura-pura atau slogan nah atas pertimbangan itu lah kami memilih mas Ganjar," tuturnya.

Immanuel melanjutkan, dukungan yang diberikan Joman kepada Ganjar ini tidak ada kaitannya dengan Jokowi. Ia berdalih mendukung Ganjar atas dasar hati nurani.

Lebih lanjut, terkait dengan Ganjar yang belum mendapatkan lampu hijau dari PDI Perjuangan untuk maju di Pilpres 2024, Immanuel mengaku tak mempermasalahkan hal itu.

"Kemudian di partai belum menyuarakan itu problem partainya. Kami juga gapunya kepentingan kok pengen jadi menteri jadi gubernur jadi apa apalagi jadi ketum partai jadi jangan apa yang dilakukan relawan di luar sana dianggap sebagai persaingan mereka nggak ada," tandasnya.

Komentar