alexametrics

Deretan Olahraga yang Dicontohkan Nabi Muhammad: Memanah hingga Berkuda

Rifan Aditya
Deretan Olahraga yang Dicontohkan Nabi Muhammad: Memanah hingga Berkuda
Olahraga yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad - Santriwati mengikuti latihan olahraga ekstrakurikuler panahan di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah, Kampung Pagendingan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (31/1).

Berikut ini sederet olahraga yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW yang dapat kamu teladani.

Suara.com - Olahraga merupakan kegiatan yang dapat membuat badan kita lebih sehat dan bugar. Tahukah kalian bahwa Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kita untuk berolahraga? Berikut deretan olahraga yang dicontohkan Nabi Muhammad.

Berikut ini sederet olahraga yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW yang dapat kamu teladani.

Perlu kalian ketahui, Nabi Muhammad SAW telah bersabda dalam hadist yang menerangkan nikmat sehat yang berbunyi, "Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang." (HR Bukhari).

Nabi Muhammad SAW memiliki tiga olahraga favorit yakni berenang, memanah, berkuda dan masih banyak lainnya. Selain itu Rasulullah SAW juga gemar jalan kaki dan lari untuk menjaga tubuhnya untuk tetap bugar. Lantas apa saja olahraga yang dicontohkan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW?

Baca Juga: 5 Manfaat Berenang, Bisa Jadi Cara Menurunkan Berat Badan

1.     Berenang

Tahukah kalian bahwa berenang termasuk olahraga yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad? Berenang merupakan salah satu olahraga yang menjadi sunnah untuk dilakukan. Olahraga ini dapat menjaga kesehatan serta menjaga tulang dan otot agar tetap sehat.

Nabi Muhammad SAW telah menyinggung tentang berenang dalam hadist. Dari Jabir bin Abdillah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang." (HR An-Nasa'i).

2.     Berjalan Cepat

Olahraga yang dilakukan Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah jalan cepat. Terdapat sebuah hadist yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan jalan cepat.

Baca Juga: Oki Setiana Dewi Ungkap Ria Ricis Alami Kecelakaan Saat Berkuda

“Tiada satu pun kulihat lebih indah daripada Rasulullah SAW seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya daripada Rasulullah SAW seolah-olah bumi ini dilipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedang Rasulullah tidak memedulikannya.” (HR. Tirmidzi).

Komentar