alexametrics

Informasi Penutupan Pendaftaran Gelombang Terakhir Universitas Gunadarma

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Informasi Penutupan Pendaftaran Gelombang Terakhir Universitas Gunadarma
Dok: Universitas Gunadarma

Tes masuk Universitas Gunadarma akan dilakukan secara online.

Suara.com - Masa tahun ajaran baru sudah bergulir, pembelajaran di kampus-kampus sudah kembali dilaksanakan, kendati secara umum masih dilakukan secara daring. Tentu, menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi para mahasiswa baru yang sudah diterima di kampus favoritnya dan kini sedang menikmati proses perkuliahan. 

Namun, bagi kalian yang masih belum bisa mewujudkan mimpinya untuk diterima di kampus idaman jangan khawatir, karena artikel ini akan memuat secercah harapan cerah bagi kamu yang sedang mencari sebuah kampus dengan reputasi dan akses pembelajaran yang mumpuni. 

Ya, Universitas Gunadarma adalah jawabannya, kampus ini masih membuka gelombang terakhir penerimaan mahasiswa baru hingga akhir bulan September ini. Tentu ini menjadi sebuah kesempatan berharga yang pantang dilewatkan begitu saja bagi kalian yang belum diterima di kampus favorit, karena pendaftaran gunadarma haruslah bisa dimaksimalkan sebaik mungkin. 

Tak perlu khawatir akan kemungkinan harus berkerumun saat menjalani proses pendaftaran di tengah masa pandemi, dikarenakan, sistem pendaftaran gunadarma di gelombang terakhir ini bisa diakses secara online. Maka, kamu bisa mendaftar dari rumah saja secara aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerjanya

Proses pendaftaran secara online bisa diakses melalui https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2021/ dengan mengikuti beberapa alur seleksi yang dilakukan secara online. Adapun tahapannya akan dimulai dengan memasukkan data nilai beberapa mata pelajaran pada rapor semester 4 dan 5 serta mengunggah file rapor. Kemudian, peserta diwajibkan untuk mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasa Inggris secara online. Kemudian memasukkan data nilai UTBK dan juga mengunggah file UTBK. 

Akreditasi Program Studi di Universitas Gunadarma. (Dok: Universitas Gunadarma)
Akreditasi Program Studi di Universitas Gunadarma. (Dok: Universitas Gunadarma)

Adapun alur dan prosedur pendaftaran di gelombang terakhir di Universitas Gunadarma adalah sebagaimana berikut :

1.      Calon Mahasiswa wajib untuk melakukan pendaftaran secara online dan melakukan pembayaran formulir sesuai dengan nomor Virtual Account yang telah  diinformasikan pada web dan di email sesuai data email yang sudah diisikan.

2.      Setelah menuntaskan transaksi pembayaran formulir, calon mahasiswa akan mendapatkan sebuah pesan konfirmasi melalui sms dan dapat melakukan LOGIN sesuai akun yang sudah didaftarkan.

3.      Panduan untuk pengisian formulir terdapat pada fitur login akun Calon Mahasiswa masing-masing.

Baca Juga: Sebanyak 2.369 Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Terima Keringanan UKT

4.      Calon Mahasiswa mengisikan formulir dan nilai rapor serta mengunggah file rapor.

5.      Calon Mahasiswa bisa melakukan cek secara berkala dengan melakukan login masing-masing untuk mengetahui hasil seleksi dan prosedur pembayaran uang kuliah melalui Virtual Account Bank DKI serta menuntaskan proses akhir daftar ulang online yang harus dilakukan agar resmi menjadi mahasiswa baru Universitas Gunadarma. 

Sedangkan, untuk mendapatkan alur informasi penjelasan yang lebih rinci mengenai pendaftaran online, maka penjelasan lengkapnya adalah sebagaimana berikut : 

Calon Mahasiswa mengisi biodata untuk mendapatkan akun dan Virtual Account (VA) formulir pendaftaran. Akun pendaftaran akan aktif setelah VA formulir dibayarkan sehingga calon mahasiswa dapat masuk ke tahap berikutnya yaitu pengisian formulir dan memilih jalur rapor atau tes masuk online. Bagi calon mahasiswa yang memilih jalur rapor akan mengisikan prestasi akademik yang tercantum dalam rapor semester 4 dan 5. Jenis informasi yang diisikan pada tahap pengisian formulir dan nilai rapor dapat dilihat calon mahasiswa pada halaman akun masing-masing. Bagi calon mahasiswa yang memilih tes masuk online akan mendapatkan informasi dan tata cara tes masuk secara online.

Sementara itu, Tes masuk online akan dilakukan calon mahasiswa pada https://ujian-ppmb.gunadarma.ac.id/. 

Satu hal menarik bila kamu berkuliah di Universitas Gunadarma, kampus ini memiliki beberapa lokasi perkuliahan di berbagai daerah di sekitar Jabodetabek dan sekitarnya. Beberapa diantaranya, yakni Kampus A Kenari yang berlokasi di Jakarta Pusat, Kampus Kampus B yang terletak di daerah Salemba, Kampus D yang berada di Depok, Kampus J1 yang terletak di Kalimalang Bekasi, Kampus L di Cengkareng, serta Kampus K yang berada di Karawaci. Hal tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi kampus Gunadarma, karena hal tersebut justru membuat raihan dan prestasi gunadarma semakin tampak dan mudah dikenali. 

Tampilan virtual class online Universitas Gunadarma. (Dok: Universitas Gunadarma)
Tampilan virtual class online Universitas Gunadarma. (Dok: Universitas Gunadarma)

Selain itu, dengan berkuliah di Universitas Gunadarma, kamu akan berkesempatan untuk mengakses program V-Class. Yakni, sebuah program dimana antara mahasiswa dan dosen tidak harus bertatap muka secara langsung dalam menjalani agenda perkuliahan. Artinya, kegiatan perkuliahan bisa dilakukan secara online melalui media internet. 

Penerapan V-Class dilakukan sebagai upaya untuk menyeimbangkan kegiatan belajar dengan penggunaan media elektronik secara online, disamping metode perkuliahan tatap muka secara konvensional. Berhubung di masa pandemi seperti saat ini yang belum memungkinkan lembaga pendidikan di perguruan tinggi untuk melakukan pembelajaran tatap muka, maka penerapan V-Class akan lebih bisa dimaksimalkan lagi. Tak sekedar sebagai metode pengganti, akan tetapi memang menjadi salah satu metode perkuliahan yang sudah ada di Universitas Gunadarma.

Untuk bisa mengakses program V-Class, seorang mahasiswa diharuskan untuk melakukan proses Login pada StudentSite, memasukkan nama pengguna beserta kata sandi pribadi anda. Kemudian anda bisa memilih daftar jurusan beserta mata kuliah yang sedang dan akan anda pelajari. Adapun fitur pembelajaran yang bisa diakses meliputi Materi, Quiz serta Forum. Jika sudah mengetahui keberadaan V-Class, sebaiknya kamu memang tak melewatkan kesempatan untuk mendaftar dan berkuliah di Universitas Gunadarma. 

Komentar