alexametrics

SBY Cuit Singgung Soal Hukum Bisa Dibeli, Andi Arief Bilang Begini

Dwi Bowo Raharjo | Bagaskara Isdiansyah
SBY Cuit Singgung Soal Hukum Bisa Dibeli, Andi Arief Bilang Begini
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat HUT Demokrat ke-20. (tangkapan layar/istimewa)

"SBY itu orang tua kita, presiden 10 tahun."

Suara.com - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyinggung soal hukum dan keadilan dalam cuitan terbarunya di Twitter.

Terkait itu, Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief mengatakan cuitan SBY tersebut bersifat umum dan tak mengarah kepada kasus apa pun.

"Ini twit umum, tidak mengarah pada kasus apa pun," kata Andi saat dihubungi Suara.com, Senin (27/9/2021).

Andi mengatakan, SBY merupakan orang tua bagi para kader Demokrat. Mengingat SBY sendiri pernah menjabat sebagai Kepala Negara selama 10 tahun, mungkin SBY mendapatkan informasi yang memicu diri mengeluarkan cuitan.

Baca Juga: Di Tengah Kisruh Gugatan AD/ART Partai Demokrat, SBY Singgung Soal Jual Beli Hukum

"SBY itu orang tua kita, presiden 10 tahun. Mungkin dia mendapat banyak informasi," tuturnya.

Lebih lanjut, ketika ditanya lebih jauh lagi terkait cuitan SBY dan soal informasi apa yang dimaksud, Andi enggan menjawab. Ia berdalih tak mengetahui secara persis.

"Saya enggak tahu persis. Twit wisdom biasa," tuturnya.

Cuitan SBY

Sebelumnya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyinggung soal hukum dan keadilan lewat akun Twitter pribadinya. Ia mengatakan, mungkin saat ini hukum bisa dibeli, namun menurutnya keadilan tidak bisa diperjualbelikan.

Baca Juga: AD/ART Demokrat Digugat ke MA, SBY: Mungkin Hukum Bisa Dibeli, Tapi Tidak Untuk keadilan

Pernyataan SBY keluar di saat sedang ramainya Advokat Yusril Ihza Mahendra yang mendampingi kubu Moeldoko untuk menggugat terkait AD/ART Partai Demokrat tahun 2020 ke Mahkamah Agung (MA).

SBY menyatakan, awalnya bahwa uang bisa membeli banyak hal. Namun, ia menekankan uang tidak bisa membeli segalanya.

"Money can buy many things, but not everything. Mungkin hukum bisa dibeli, tapi tidak untuk keadilan," kata SBY dalam cuitannya seperti dikutip Suara.com, Senin (27/9/2021).

Kendati begitu, SBY mengaku masih percaya pada integritas para penegak hukum. Ia pun berharap agar para penegak hukum memperjuangkan agar hukum tak berjarak dengan keadilan.

"Sungguhpun saya masih percaya pada integritas para penegak hukum, berjuanglah agar hukum tidak berjarak dengan keadilan," tuturnya.

Cuitan SBY ini pun memancing sejumlah respons pengikutnya tak terkecuali para kader Demokrat. Pertama tanggapan datang dari Politisi Demokrat Ossy Dermawan.

"Kami akan terus berjuang agar hukum tidak berjarak dengan keadilan," cuit Ossy.

Kemudian respons kedua datang dari Politisi Demokrat lainnya yakni Imelda Sari. Ia mengutip pernyataan Hakim Agung.

"Benar Pak, dalam menegakan keadilan maka rasa keadilan (hati nurani) adalah yang utama seperti disampaikan Hakim Agung Alm. Bismar Siregar," tulisnya.

Komentar