alexametrics

Viral Video Penampakan Pesawat Mirip Piring Terbang di Dekat Fasilitas Rahasia AS

Dany Garjito | Hikmawan Muhamad Firdaus
Viral Video Penampakan Pesawat Mirip Piring Terbang di Dekat Fasilitas Rahasia AS
Viral video objek aneh yang dianggap piring terbang di fasilitas rahasia AS.[Twitter]

Penampakan tersebut diklaim di dekat fasilitas rahasia AS yang sudah beroperasi sejak Perang Dunia II.

Suara.com - Video viral di media sosial memperlihatkan penampakan aneh yang dianggap pesawat piring terbang di dekat fasilitas rahasia milik Amerika Serikat.

Menyadur The New York Post Minggu (3/10/2021), penampakan yang menyerupai piring terbang tersebut terekam di dekat fasilitas pengujian Lockheed, Gurun Mojave California.

Penampakan piring terbang tersebut awalnya diunggah di media sosial Twitter, namun kemudian viral di TikTok oleh warganet.

Akun Twitter bernama Ruben Hofs yang membagikan video-video tersebut, dan tidak butuh waktu lama untuk menuai beragam tanggapan.

Baca Juga: Viral Pria Fotokopi Uang Rp 50 Ribu, Hal Aneh Terjadi, Netizen Auto Shock Berat

"Secara kebetulan, pagi ini saya menemukan video TikTok yang sangat menarik dengan bentuk yang tidak diketahui di trailer flatbed... tampaknya ini ada di Fasilitas Penampang Radar Helendale," tulis Ruben Hofs di akunnya.

Beberapa warganet berspekulasi bahwa itu adalah model atau prototipe kendaraan udara tak berawak (UAV), atau mungkin jet tempur.

Warganet lain justru bertanya bagaimana video itu diizinkan diambil di tempat yang secara teoritis merupakan fasilitas yang sangat rahasia.

"Saya tidak tahu apa itu, tapi kelihatannya mahal dan kami membayarnya." tulis seorang warganet di Twitter.

Eksekutif Lockheed Jeff Babione belum mengeluarkan pernyataan resmi, bahkan ketika dimintai keterangan mengenai video tersebut.

Baca Juga: Viral Pria Bertato Kicep Disemprot Istri, Niat Mau Mancing Malah Dapat Hukuman Ini

"Bisakah Anda memberi tahu kami sesuatu tentang hal ini?" reporter Marcus Weisgerber bertanya dalam acara yang diselenggarakan oleh outlet berita militer Defense One.

"Saya tidak bisa," jawab Babione. Ia juga menjelaskan jika keamanan dan kerahasiaan di fasilitas tersebut baik-baik saja.

Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal Charles Q. Brown mengatakan dia belum melihat video itu dan tidak bisa berkomentar.

Fasilitas Helendale Radar Cross-Section (RCS), dijalankan oleh Program Pengembangan Lanjutan (ADP) Lockheed Martin, umumnya dikenal sebagai Skunk Works.

Skunk Works, yang berbasis di Palmdale, California, telah beroperasi sejak Perang Dunia II dan dikenal karena kerahasiaannya.

Skunk Works juga bertanggung jawab atas beberapa pesawat militer dan mata-mata paling terkenal di dunia seperti U-2, F- 22 dan F-35.

Komentar