alexametrics

Menghias Masjid Jadi Tanda Dekatnya Kiamat, Begini Penjelasan Syekh Ali Jaber

Rifan Aditya
Menghias Masjid Jadi Tanda Dekatnya Kiamat, Begini Penjelasan Syekh Ali Jaber
Menghias Masjid Jadi Tanda Dekatnya Kiamat, Begini Penjelasan Syekh Ali Jaber - Syekh Ali Jaber. [suara.com/Madinah]

Bagaimana bisa menghias masjid menjadi salah satu tanda dekatnya kiamat? Simak penjelasan Syekh Ali Jaber berikut ini.

Suara.com - Pada hari kiamat, manusia dan seluruh makhluk hidup akan mengalami akhir dari peradaban dunia. Apa tanda dekatnya kiamat? Menurut Syekh Ali Jaber, menghias masjid termasuk dalam salah satunya.

Bagaimana bisa menghias masjid menjadi salah satu tanda dekatnya kiamat? Simak penjelasan Syekh Ali Jaber berikut ini.

Hari kiamat disebut juga dengan istilah yaumul qiyamah, yaumul hisab dan lain sebagainya. Secara istilah, kiamat diartikan sebagai kehancuran alam semesta dan segala kehidupan di muka bumi, dibangkitkannya orang yang sudah mati kemudian dihisab amal-amalnya. 

Mengenai waktu terjadinya hari kiamat, tidak seorang pun yang tahu. Bahkan Rasulullah SAW tidak mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Hari kiamat adalah ketetapan yang hanya Allah SWT sajalah yang mengetahuinya.

Baca Juga: Uang Rekening Sulsel Peduli Bencana Ditransfer ke Panitia Pembangunan Masjid

Hari kiamat disebutkan dalam berbagai surat di Al Qur’an dan dikhususkan dalam surat Al Qariah. Ada juga beberapa dalil hadits yang membahasnya. Menurut ulama, Fakhruddin Ar-Razi, salah satu hikmah tidak diketahuinya waktu terjadinya kiamat adalah supaya manusia tetap beribadah dan mencegah diri dari perbuatan maksiat tanpa memperhatikan kapan terjadinya kiamat

Meskipun begitu, ada tanda-tanda kiamat sudah dekat yang dapat dirasakan umat Islam. Salah satu tanda dekatnya kiamat adalah masjid-masjid yang dibangun dengan kemegahan dan kemewahan. 

Dalam sebuah video yang diunggah di Syekh Ali Jaber Official YouTube Channel pada 4 Oktober 2021, Syekh Ali Jaber menjelaskan tanda dekatnya kiamat salah satunya adalah berlomba-lomba menghiasi masjid.

"Karena ini akhir zaman, dan fitnah akhir zaman, musibah akhir zaman, banyak umat Islam yang mengikuti cara orang Yahudi, di antaranya berlomba-lomba menghiasi masjid", ungkap Syekh Ali Jaber.

Sebenarnya para ulama tidak setuju umat muslim berlomba-lomba menghiasi masjid dan menghabiskan biaya yang besar. Pasalnya, hal ini seperti kebiasaan orang Yahudi yang senang menghiasi tempat ibadahnya. 

Baca Juga: Doa Keluar Masjid Tuntunan Rasulullah, Mudah Dihafal

"Padahal inti dari membangun masjid adalah memakmurkan masjid, bukan menghiasi masjid", tambah Syekh Ali Jaber. 

Komentar