alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Beredar Video 'Aku Butuh PKI', Benarkah?

Reza Gunadha | Aprilo Ade Wismoyo
CEK FAKTA: Beredar Video 'Aku Butuh PKI', Benarkah?
Cek fakta video 'Aku Butuh PKI' (turnbackhoax.id)

Beredar sebuah video dengan narasi ada pria beratribut PDIP mengatakan 'Aku butuh PKI'. Benarkah demikian? Simak faktanya.

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah video yang menyampaikan narasi bahwa pernyataan dari kader PDIP yang menyebut dirinya butuh PKI.

Dalam video yang diunggah oleh akun Facebook Bunga Mawar, tampak beberapa pria beratribut PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan).

Mereka diklaim mengatakan kalimat yang berbunyi 'Aku butuh PKI'.

Dalam unggahan itu juga ditulis bahwa PDIP harus dibubarkan suatu saat nanti karena kadernya menyampaikan pernyataan seperti yang dinarasikan dalam thumbnail video.

Berikut narasi selengkapnya:

Narasi dalam video:

"AKU BUTUH PKI"

Narasi postingan:

"Itulah makanya PDIP harus dibubarkan suatu saat nanti"

Lantas benarkah narasi tersebut?

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar