alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Beredar Foto Anies Baswedan Memegang Celana Dalam Wanita, Benarkah?

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
CEK FAKTA: Beredar Foto Anies Baswedan Memegang Celana Dalam Wanita, Benarkah?
Cek Fakta foto Anies Baswedan pegang celana dalam wanita (turnbackhoa.id)

Beredar sebuah foto Anies Baswedan memegang celana dalam wanita. Benarkah demikian? Simak fakta berikut ini.

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan sosok Anies Baswedan sedang memegang celana dalam wanita.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Lucy Suzanna dengan narasi Gubernur Anies Baswedan sedang bertanya jawab dengan seorang penjahit.

Berikut narasinya:

"Yang kaya gini kalau dibikin tugu bagus nggak ya?" 

Baca Juga: DKI Ditetapkan Jadi Tuan Rumah Formula E 2022, Anies: Kami Akan Bersiap-siap

"Bagus ndasmu," 

Lantas benarkah narasi dalam foto tersebut?

Cek Fakta foto Anies Baswedan pegang celana dalam wanita (turnbackhoa.id)
Cek Fakta foto Anies Baswedan pegang celana dalam wanita (turnbackhoa.id)

PENJELASAN 

Berdasarkan penelusuran tirnbackhoax.id -- jaringan suara.com, foto yang memperlihatkan sosok Anies Baswedan memegang celana dalam wanita tersebut adalah hasil editan.

Foto asli memperlihatkan Anies sedang memegang masker kain ketika ia meninjau proses produksi masker buatan IKM dan UKM binaan di Jakarta.

Baca Juga: Anies: Kampung Tanah Merah Jadi IMB Kawasan Pertama di Indonesia

Lewat unggahan di akun Twitter dan Facebooknya 01/5/2020, Anies Baswedan mengunggah foto tersebut disertai dengan keterangan bahwa ia sedang meninjau produksi masker kain.

"20 juta masker kain diproduksi bagi seluruh penduduk Jakarta. Tiap orang dapat 2 masker, gratis. Ini ikhtiar Pemprov DKI Jakarta untuk melindungi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian di kampung-kampung", tulis Anies di akun twitternya.

Sebelumnya, foto editan tersebut juga pernah beredar pada oktober 2020 lalu dengan narasi yang menyebut bahwa Anies memborong celana dalam wanita.

Foto tersebut sudah diverifikasi faktanya pada webstite turnbackhoax.id berjudul "[SALAH] Anies Borong Celana Dalam Cewek".

KESIMPULAN

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa foto Anies Baswedan memegang celana dalam wanita tidaklah benar. Foto tersebut dapat dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar