alexametrics

Relawan ANIES: Jokowi Jadi Gubernur Jakarta 2 Tahun Bisa Presiden, Apalagi Anies 5 Tahun

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Relawan ANIES: Jokowi Jadi Gubernur Jakarta 2 Tahun Bisa Presiden, Apalagi Anies 5 Tahun
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Warteg Family di Jalan Penggalang, Matraman, Jakarta Timur, pada Kamis (14/10/2021). (Suara.com/Fakhri Fuadi)

"Bapak Jokowi, Presiden kita saat ini sempat memimpin Jakarta."

Suara.com - Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) yakin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal melenggang maju ke Pemilihan Presiden (Pilpres) dan memenangkannya. Mereka berkaca pada rekam jejak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Koordinator ANIES, Laode Basir, mengatakan Jokowi sebelum menjadi Presiden, sempat menjabat sebagai Gubernur Jakarta. Bahkan, Jokowi tidak sampai setengah periode menjelankan jabatannya sudah maju ke Pilpres dan kini menjadi residen dua periode.

"Bapak Jokowi, Presiden kita saat ini sempat memimpin Jakarta. Beliau memimpin Jakarta satu tahun lebih, hampir 2 tahun. Artinya, dengan bekal itu, Pak Jokowi sudah bekerja cukup baik untuk Jakarta," ujar Laode saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Laode pun menilai Anies memiliki kapasitas yang bahkan bisa dibilang melebihi Jokowi. Pasalnya, hampir dipastikan Anies akan menuntaskan jabatannya hingga lima tahun sebagai Gubernur Jakarta.

Baca Juga: Didukung jadi Capres, Ini Sosok Cawapres yang Tepat Dampingi Anies Versi Relawan

"Apalagi Pak Anies, yang lebih tuntas 5 tahun bekerja di Jakarta. Bagaimana romantika dan pergolakan yang muncul di Jakarta selama 5 tahun dia hadapi," jelasnya.

Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menggelar acara Deklarasi Anies Rasyid Baswedan for Presiden 2024 di gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]
Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menggelar acara Deklarasi Anies Rasyid Baswedan for Presiden 2024 di gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

Tak hanya soal kesempatan, Laode menilai Anies juga berpotensi bisa memimpin Indonesia lebih maju. Sebab, Jokowi saja yang kurang dari dua tahun menjadi Gubernur bisa dengan baik menjadi Presiden, apalagi Anies yang lima tahun.

"Bagaimana romantika dan pergolakan yang muncul di Jakarta selama 5 tahun dia hadapi. Jokowi saja yang hanya hampir 2 tahun memimpin Jakarta, apalagi Pak Anies. Saya rasa akan jauh lebih baik," pungkasnya.

Sebelumnya, sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Calon Presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Dukungan kepada Anies ini disampaikan dalam acara Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024 di gedung Joeang 45 Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: CEK FAKTA: Jokowi Nyatakan Berminat Jadi Presiden Tiga Periode, Benarkah?

Koordinator ANIES sekaligus salah satu deklarator, Laode Basir mengatakan alasan kelompoknya mendukung Anies sebagai Presiden adalah karena rekam jejak Anies selama menjadi Gubernur DKI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Anies juga disebutnya memiliki karakter yang mumpuni sebagai seorang Presiden.

"Ditambah beberapa karakter yang kuat sebagai pemimpin. Di antaranya kemampuan berkomunikasi kepada publik yang persuasif dan menggerakkan, responsif atas berbagai masukan dan kritik atas kebijakannya, serta bersikap santun kepada para pihak yang mencacinya," ujar Laode di lokasi, Rabu (20/10/2021).

Ketika menjadi Gubernur, Anies juga disebutnya mampu menangani banyak masalah di ibu kota. Sosoknya juga mampu diterima oleh berbagai kelompok dan golongan.

"Selama empat tahun menjadi Gubernur DKI, Anies Baswedan telah berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang disampaikan ketika Pilkada," jelasnya.

Karena alasan itu, Anies dinilai mampu mengatasi masalah bangsa di masa depan. Apalagi nantinya Indonesia harus bisa bangkit dari keterpurukan setelah pandemi Covid-19.

"Berdasar berbagai penilaian itu serta menimbang pilihan nama lainnya, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) menyatakan dukungan penuh bagi pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden dalam Pilpres tahun 2024," pungkasnya.

Komentar