alexametrics

5 Bahasa Daerah di Indonesia yang Paling Sering Digunakan

Rifan Aditya
5 Bahasa Daerah di Indonesia yang Paling Sering Digunakan
Bahasa daerah di Indonesia - Ilustrasi Suku Jawa Barat dan Sunda (Pixabay)

Berikut pengertian bahasa daerah di Indonesia dan contoh-contohnya, mari simak!

Suara.com - Setiap kebudayaan yang ada di Indonesia pastinya memiliki bahasa daerah masing-masing yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari. Tahukah kalian bahwa ada banyak sekali bahasa daerah di Indonesia?

Mengutip dalam buku karya E.K.M Masinambo (2002) yang berjudul Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah, terdapat total 652 bahasa daerah di Indonesia berdasarkan data yang dipaparkan oleh Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa Kementruan Pendidikan Kebudayaan.

Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang pengertian bahasa daerah di Indonesia dan contoh-contohnya, mari simak!

Pengertian Bahasa Daerah

Baca Juga: 5 Nama Bahasa Daerah Bali yang Jarang Diketahui, Beda Tempat Beda Dialek

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahasa daerah dapat diartikan sebagai bahasa yang digunakan sehari-hari oleh sebuah suku maupun budaya. Kita juga dapat melihat sebuah bahasa daerah sebagai identitas dari sebuah daerah yang sudah diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang budaya tersebut.

Bahasa daerah merupakan salah satu kekayaan budaya Nasional yang wajib untuk kita lestarikan, pasalnya kita semua sepaham bahwa perkemabangan zaman dapat menjadi salah satu faktor yang memicu terjadinya pergeseran sebuah budaya, termasuk terlupakannya bahasa daerah.

5 Bahasa Daerah di Indonesia yang Sering Digunakan

1.       Bahasa Jawa

Perlu anda ketahui bahwa bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang mendunia, terdapat pengajar bahasa Jawa yang tersebar di beberapa negara seperti Suriname, Kaledonia Baru, Malaysia, dan Singapura. Bahasa Jawa memiliki 3 tingkatan, yakni Ngoko, Madya dan Krama.

Baca Juga: Tak Cuma Bahasa Batak dan Melayu, Bahasa Ini Juga Akrab di Telinga Warga Sumatera Utara

2.       Bahasa Sunda

Komentar