alexametrics

Viral Sinetron Adaptasi Mirip Serial Squid Game, Banjir Kritikan Pedas

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
Viral Sinetron Adaptasi Mirip Serial Squid Game, Banjir Kritikan Pedas
Sinetron SCTV mirip Squid Game [Instagram/@cenayangfilm]

"Malu banget ini kalau sampai ketahuan Korea Selatan bisa lho kena copyright," tulis warganet.

Suara.com - Kepopuleran serial Netflix asal Korea Selatan, Squid Game memang masih menjadi fenomena tersendiri di dunia. Namun, baru-baru ini salah satu stasiun televisi Indonesia menuai sorotan tajam karena diduga menjiplak acara tersebut.

Hal ini terlihat dari tangkapan layar yang dibagikan akun Twitter @tubirfess. Akun ini membagikan tangkapan layar dari cuplikan scene sinetron Dari Jendela SMP yang bertajuk "Dolanan Game".

"Malu banget ini kalau sampai ketahuan Korea Selatan bisa lho kena copyright," tulis akun ini sebagai keterangan Twitter seperti dikutip Suara.com, Minggu (24/10/2021).

Tangkapan layar ini menunjukkan visual yang begitu mirip dengan serial Squid Game. Salah satu gambar juga memperlihatkan saat pesertanya tereliminasi.

Baca Juga: Seorang Pria Bersarung Kepergok Memainkan Alat Kelaminnya, Warganet: Kamu Tertangkap

Selain itu, konsep permainan juga begitu mirip dengan serial terlaris di Netlfix tersebut. Mulai dari pakaian yang digunakan peserta sampai kode nomor urut di setiap jaket.

Tak sampai di situ, pemain yang bertugas sebagai penjaga permainan pun mengenakan topeng. Hal ini tentu saja mengingatkan penonton kepada Squid Game yang identik dengan topeng segitiga, lingkaran dan kotak.

Heboh Sinetron SCTV Plagiat Squid Game. (Twitter/@tubirfess)
Heboh Sinetron SCTV Plagiat Squid Game. (Twitter/@tubirfess)

Hingga berita ini dipublikasikan, cuitan ini sedikitnya telah di-retweet 9.000 kali dan mendapatkan 24 ribu tanda suka.

Kesamaan tersebut membuat sinetron itu banjir kritikan dari warganet. Mereka menuliskan beragam protes sampai teguran mengenai sinetron yang dinilai melanggar hak cipta tersebut.

Bahkan, tidak sedikit warganet yang memberikan sindiran menohok atas munculnya episode "Dolanan Game" itu.

Baca Juga: Dituduh Lecehkan Bacaan Salat, Nikita Mirzani Bakal Laporkan Orang Yang Provokasi

"Gue tuh gak mau ya ngejelek-jelekin karya anak bangsa mulu, tapi kalau bentukannya begini gimana gue gak mau ngejelekin coba," sindir warganet.

"Waktu itu Twilight series sekarang Squid game, emang ini channel sangat amat berbakat di bidang percontekan konsep film atau series yang sedang viral. Bangga kali aku," komen warganet.

"Para artisnya malu gak ya meranin ini? Kek cringe gitu keliatannya," celutuk warganet.

"Dasar plagiat! Laporin Koreaboo ah biar kena copyright dan viral di Korea, cringe banget sumpah," kritik warganet.

"Guys, ini itu tayang jadi series apa gimana? Tolong banget kalau series, buatin petisi supaya di take down. Soalnya yang malu se-Indonesia raya kalau nih series dikasusin, yang rugi juga mereka nantinya," tambah yang lain.

"Plis sinetron Indonesia tuh kenapa sih suka banget keluar jalur sama alur cerita? Judul 'Dari Jendela SMP' tapi apaan anjir malah kek gini, harusnya kan mereka lulus SMP yaudah ngapain disambung sama masa-masa SMA? Daripada kek gitu mending ada season 2 nya biar gak keluar sama alurnya," tegur warganet.

"Speechless," sahut warganet.

Ernest Prakasa Beri Emoji Muntah Soal Sinetron yang Diduga Tiru Squid Game

Ernest Prakasa memberikan sentilan pedas kepada acara ini. Pemicunya, karena sinetron Jendela SMP yang tayang di stasiun televisi tersebut diduga melakukan plagiat terhadap serial Squid Game di Netflix.

Ernest Prakasa mengunggah ulang postingan dari akun @cenayangfilm. Memperlihatkan cuplikan scene dari sinetron Dari Jendela SMP bertajuk 'Dolanan Game'.

Sutradara film Cek Toko Sebelah ini lantas bertanya kepada stasiun tv tersebut sambil menyisipkan emoji wajah muntah.

"Serius SCTV? " kicau Ernest Prakasa dikutip dari Twitter, Sabtu (23/10/2021).

Tak hanya di Twitter, Ernest Prakasa juga menyentil SCTV melalui postingan di Instagram. Ia bertanya, adakah malu yang dirasakan usai menayangkan sinetron serupa Squid Game tersebut.

"Halo SCTV, numpang tanya nih. Emang nggak ada malu-malunya gitu? Dikiiiit aja," kata Ernest Prakasa di Instagram, Sabtu (23/10/2021).

Komentar