alexametrics

Heboh Kabar RS di Jakarta Penuh Anak-anak Pengidap Pneumonia, Begini Kata Dinkes DKI

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Heboh Kabar RS di Jakarta Penuh Anak-anak Pengidap Pneumonia, Begini Kata Dinkes DKI
Heboh Kabar RS di Jakarta Penuh Anak-anak Pengidap Pneumonia, Begini Kata Dinkes DKI. Ilustrasi Rumah Sakit (Unsplash// Domininguez)

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti belum mau memastikan mengenai membludaknya pasien anak yang mengidap pneumonia.

Suara.com - Beredar kabar di media sosial Twitter mengenai membludaknya jumlah pasien anak pengidap pneumonia di Jakarta. Bahkan, jumlahnya disebut terlalu banyak hingga ruangan khusus pasien pneumonia penuh.

Hal ini dikatakan oleh pemilik akun Twitter, @dedsperadroo melalui cuitannya. Ia mengaku bekerja di salah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di ibu kota.

"Di RSUD mendadak lagi banyak banget pasien anak dengan pneumonia sampai ruangan pneumonia-nya penuh," kata pemilik akun itu, Minggu (24/10/2021).

Ia tak mengatakan semua kasus pneumonia itu berkaitan dengan Covid-19. Namun, berdasarkan aturan medis, pasien pneumonia harus dicurigai sebagai Covid-19 sampai hasil tes PCR mereka negatif.

Baca Juga: Viral di TikTok, Dinkes DKI Buru Nakes Diduga Lecehkan Ibu Hamil saat Melahirkan

"Sehingga tetap butuh kewaspadaan. Dan prokes yang baik gak cuma mencegah Covid-19, tapi beragam penyakit lain yah," jelasnya.

Pemilik akun itu meminta agar protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 tetap dilakukan. Sebab, pneumonia juga bisa menular lewat virus. Selain itu, orang tua juga diminta segera membawa anak untuk melakukan vaksinasi.

"Pneumonia pada anak gak cuma karena Covid-19, tapi bisa juga karena atau bahkan koinfeksi dengan virus atau kuman lain yang kebanyakan bisa dicegah dengan imunisasi. Jadi take home message-nya lengkapi imunisasi si kecil ya," jelasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti belum mau memastikan mengenai membludaknya pasien anak yang mengidap pneumonia.

Ia mengaku akan memeriksanya terlebih dahulu soal kabar maraknya anak-anak pengidap pneumonia di rumah sakit sebagaimana yang viral di medsos. 

Baca Juga: 5 Atlet DKI Jakarta Positif COVID-19, Dinkes Belum Pastikan Terpapar Varian Baru

"Kami check, re-check," pungkasnya saat dikonfirmasi Suara.com.

Komentar