alexametrics

Cara Kirim Doa Untuk Orang Meninggal, Simak Bacaan dan Langkahnya

Rifan Aditya
Cara Kirim Doa Untuk Orang Meninggal, Simak Bacaan dan Langkahnya
Cara kirim doa untuk orang meninggal - Ilustrasi wanita muslim berdoa, niat puasa, dzikir, wanita berjilbab (Elemen envato)

Bagi yang masih belum mengetahui tata caranya, berikut ini cara kirim doa untuk orang meninggal yang perlu diketahui.

Suara.com - Dalam Islam, mengirim doa untuk orang meninggal hukumnya wajib bagi setiap muslim. Bagi yang masih belum mengetahui tata caranya, berikut ini cara kirim doa untuk orang meninggal yang perlu diketahui.

Tujuan memanjatkan doa untuk orang meninggal yaitu memohonkan ampunan kepada Allah SWT agar jenazah diterima amal ibadahnya, diampuni segala dosanya, dan ditempatkan di surga-Nya.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tentang berkata yang baik-baik kepada orang yang meninggal, adapun bunyi haditsnya yaitu sebagai berikut:

"Dari Ummu Salamah r.a., ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Ketika kalian menyaksikan orang sakit atau meninggal maka berkatalah yang baik. Sesungguhnya malaikat mengamini terhadap apa yang kalian katakan."

Baca Juga: 3 Manfaat Puasa Senin Kamis dan Tata Caranya

Lantas, bagaimana tata cara kirim doa untuk orang meninggal? Mari simak berikut ini penjelasannya yang dilansir dari berbagai sumber, Minggu (24/10/2021).

Cara Kirim Doa untuk Orang Meninggal

Bagi yang ingin mengirim doa untuk orang meninggal, alangkah baiknya mengetahui tata caranya. Adapun tata caranya yaitu sebagai berikut:

• Berdoa saat Dengar Berita Duka

Ketika kamu mendengar berita duka, hendaknya segera sebut nama Allah SWT. Lalu, memanjatkan doa seperti berikut ini:

Baca Juga: Tata Cara Mengerjakan Lengkap dengan Niat Sholat Tahajud

Innalillahi wa innailaihi raajiuun.

Komentar