facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Viral Gubernur Anies Baswedan Membaca Buku '101 Cara Ngeles', Benarkah?

Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Viral Gubernur Anies Baswedan Membaca Buku '101 Cara Ngeles', Benarkah?
CEK FAKTA Viral Gubernur Anies Baswedan Membaca Buku '101 Cara Ngeles'. (Turnbackhoax.id)

Beredar foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang duduk membaca buku berjudul "101 Cara Ngeles". Benarkah?

Suara.com - Beredar luas foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang duduk membaca buku berjudul "101 Cara Ngeles".

Foto ini menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Facebook bernama Sultan Salju. Akun ini mengunggah gambar Anies yang memegang cover buku warna hitam, bertulisakan "101 Cara Ngeles".

Selain itu, akun ini juga membagikan narasi mengenai ucapan Anies dalam foto itu. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu memberikan saran untuk banyak membaca meskipun tidak mengerti.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Anies Teken Kontrak dengan Al Khathath?

Kata Anies : Banyak2 lah membaca meskipun tidak mengerti…

CEK FAKTA Viral Gubernur Anies Baswedan Membaca Buku '101 Cara Ngeles'. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Viral Gubernur Anies Baswedan Membaca Buku '101 Cara Ngeles'. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah foto dengan narasi tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, foto Anies Baswedan sedang duduk membaca buku berjudul "101 Cara Ngeles" tidak benar.

Faktanya, foto asli yang beredar di Facebook itu berasal dari akun resmi Instagram Anies Baswedan. Anies sempat mengunggah foto dirinya sedang membaca buku pada 21 November 2020.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Lesti Kejora Terpilih Menjadi Bupati Cianjur?

Dalam foto asli postingan tersebut, Anies memang terlihat sedang duduk membaca buku. Namun, buku yang dibacanya bukanlah "101 Cara Ngeles" melainkan buku “HOW DEMOCRACIES DIE”.

Foto dengan narasi serupa sebelumnya juga pernah beredar pada bulan Januari 2020. Melansir dari Turnbackhoax.id, cover buku yang asli bertuliskan “BUKU ANTI BAPER” disunting menjadi “PEDOMAN MENATA KAYA”.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang duduk membaca buku berjudul "101 Cara Ngeles" adalah hoaks.

Narasi dalam foto itu masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar