alexametrics

Balita Tewas Saat Baku Tembak Dengan Teroris KKB Papua, Ini Pesan Mahfud Ke TNI-Polri

Bangun Santoso | Stephanus Aranditio
Balita Tewas Saat Baku Tembak Dengan Teroris KKB Papua, Ini Pesan Mahfud Ke TNI-Polri
Menko Polhukam Mahfud MD. (Bidik Layar/Ria)

Dia menyebut insiden tersebut terjadi karena KKB Papua selalu menggunakan warga sipil sebagai tameng

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta TNI-Polri untuk lebih berhati-hati dalam operasi militer melawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua.

Hal ini disampaikan Mahfud setelah insiden dua orang warga sipil yang masih balita tertembak. Satu di antaranya meninggal dunia dalam kontak senjata antara KKB dan TNI-Polri pada Selasa (26/10/2021) lalu.

"Saya minta aparat POLRI/TNI melakukan tindakan terukur agar tidak terjadi korban masyarakat sipil. Sebenarnya, seperti masyarakat tahu, POLRI dan TNI sudah sangat berhati-hati melindungi warga sipil," kata Mahfud kepada wartawan, Senin (1/11/2021).

Dia menyebut insiden tersebut terjadi karena KKB selalu menggunakan warga sipil sebagai tameng.

Baca Juga: Dua Polisi Jual Ratusan Peluru ke KKB Ditangkap, Publik: Pengkhianat Negara

"Tapi seperti anda tahu OPM (Organisasi Papua Merdeka) itu selalu menyerang dari belakang dan menjadikan warga sipil sebagai tameng dan korban," ucapnya.

Diketahui, dalam sepekan terakhir Kabupaten Intan Jaya memanas, kontak senjata antara KKB vs TNI-Polri terjadi sejak Selasa pekan lalu di Kampung Mamba, Distrik Sugapa.

Dalam kontak tersebut, seorang anggota TNI, Serka Asep mengalami luka tembak pada perut sebelah kiri, ia dievakuasi ke Timika untuk mendapatkan perawatan.

Sementara, dua orang warga sipil yang masih balita tertembak, satu diantaranya meninggal dunia karena tidak tertolong karena tak ada tenaga medis di lokasi.

"Kedua anak tersebut mengalami luka serpihan tembak, satu meninggal dunia dan satu terkena tembakan di punggung belakang," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Dua Orang Tak Akui Utang BLBI, Mahfud MD Siap Libatkan Semua Aspek Hukum

Menurut polisi, KKB juga membakar ambulans dalam kontak senjata di Bandara Bilogai Sugapa, Distrik Sugapa pada Jumat (28/10/2021).

Selain itu, KKB juga membakar sebuah rumah milik warga bernama Rian, satu mobil tangki air, dan sebuah gedung dalam kontak pada Sabtu (30/10/2021).

Komentar