alexametrics

Doa Sesudah Adzan Lengkap dengan Arti dan Latinnya

Rifan Aditya
Doa Sesudah Adzan Lengkap dengan Arti dan Latinnya
Doa Sesudah Adzan Lengkap dengan Arti dan Latinnya - Ilustrasi Toa Masjid

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk membaca doa sesudah adzan. Berikut bacaan latin doa sesudah adzan dan artinya.

Suara.com - Dalam sehari, adzan berkumandang sebanyak 5 kali sehari yakni di waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib, Isya. Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk membaca doa sesudah adzan.

Anjuran membaca doa sesudah adzan ini memiliki banyak keistimewaan. Dengan mengamalkan doa setelah adzan, permohonan yang diharapkan akan terkabul, dosa dihapus, dan mendapatkan syafaat oleh Allah SWT.

Hal itu terdapat dalam hadist sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka syafaatku baginya di hari kiamat." (HR. Bukhari).

Baca Juga: Haru Banget! Viral Video Bocah Menangis Saat Adzankan Ayah Dalam Kubur

Melansir dari NU Online, berikut bacaan latin doa sesudah adzan:

Allahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qa’imah, ati sayyidana muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab‘atshu maqamam mahmdanil ladzi wa‘attah, innaka la tukhliful mi’ad. Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira. 

Artinya, "Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan shalat yang berdiri, berikanlah wasilah (tempat di surga) dan keutamaan kepada Nabi Muhammad saw. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji (hak syafa’at) yang Kaujanjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji. Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Doa tersebut diriwayatkan oleh sahabat Jabir dalam sahih Bukhari.

“Dari Jabi bin Abdullah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan ‘Allahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qa’imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab‘atshu maqamam mahmdanil ladzi wa‘attah,’ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat.’ (HR Bukhari),” (An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 44). 

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya

Demikian informasi tentang doa sesudah adzan dari bacaan latin dan artinya.

Komentar