alexametrics

Bill Gates Peringatkan Ancaman Bioteroris: Pakai Permainan Kuman untuk Menghadapinya

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Bill Gates Peringatkan Ancaman Bioteroris: Pakai Permainan Kuman untuk Menghadapinya
Bill Gates. [Ludovic Marin/AFP]

Bill Gates juga memperingatkan untuk membentuk Satuan Gugus Global WHO.

Suara.com - Pendiri Microsoft Bill Gates memperingatkan adanya potensi serangan bioteroris dan mendesak para pemimpin dunia menggunakan permainan kuman untuk menghadapinya.

Menyadur Sky News Kamis (4/11/2021), Bill Gates mengatakan pemerintah harus bersiap menghadapi pandemi dan serangan teror cacar di masa depan.

Bill Gates juga mengimbau kepada para pemimpin dunia untuk menginvestasikan miliaran dolar dalam penelitian dan pengembangan (R&D) mengenai bioteroris.

Hal tersebut diungkapkan Bill Gates selama wawancara bersama ketua Komite Pemilihan Kesehatan Inggris , Jeremy Hunt, untuk lembaga think tank Policy Exchange.

Baca Juga: Dikira Kebakaran, Dekorasi Pesta Halloween Rumah Ini Picu Panggilan 911

Bill Gates juga menyerukan pembentukan Satuan Tugas Pandemi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bernilai miliaran dolar.

"Mungkin akan memakan waktu sekitar satu miliar setahun untuk Gugus Tugas pandemi di tingkat WHO, yang melakukan pengawasan dan benar-benar melakukan apa yang saya sebut permainan kuman di mana Anda berlatih," katanya.

"Anda bilang, oke, bagaimana jika seorang bioteroris membawa cacar ke 10 bandara? Anda tahu, bagaimana dunia akan menanggapinya?," tanya Biden.

"Ada epidemi yang disebabkan secara alami dan epidemi yang disebabkan bioterorisme yang bahkan bisa jauh lebih buruk daripada yang kita alami hari ini, namun kemajuan dalam ilmu kedokteran seharusnya memberi kita alat yang, Anda tahu, dapat kita lakukan secara dramatis lebih baik," jelasnya.

Bill Gates menegaskan jika tahun depan adalah di mana gugus tugas pandemi global dan penelitian bioteroris harus dialokasikan.

Baca Juga: Kabar Baik, Indonesia Dapat Kiriman 134.560 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Inggris

Dia menambahkan bahwa negara-negara, seperti AS dan Inggris, harus menginvestasikan puluhan miliar anggaran untuk penelitian dan pengembangan guna mempersiapkan pandemi berikutnya.

"Saya berharap dalam lima tahun ke depan, saya dapat menulis sebuah buku berjudul, 'Kami siap menghadapi pandemi berikutnya', tetapi itu akan membutuhkan puluhan miliar dalam penelitian dan pengembangannya, AS dan Inggris akan menjadi bagian dari itu," kata Gates.

"Banyak R&D yang perlu kita lakukan untuk siap menghadapi pandemi berikutnya seperti membuat vaksin murah, pabrik besar, memberantas flu, menyingkirkan flu biasa," sambungnya.

Orang terkaya keempat di dunia itu juga mengatakan akan terus berbicara tentang pandemi, sebagai bagian dari pekerjaannya sebagai seorang dermawan.

Gates berkata: "Jadi, bersama dengan pesan iklim dan perjuangan berkelanjutan melawan penyakit kemiskinan, kesiapsiagaan pandemi adalah sesuatu yang akan sering saya bicarakan.

"Dan saya pikir itu akan menemukan lahan subur karena, Anda tahu, kita kehilangan triliunan dolar dan jutaan nyawa dan warga berharap pemerintah mereka tidak membiarkan hal itu terjadi lagi."

Gates hadir di KTT COP26 pada hari Selasa (2/11/2021), dalam sesi percepatan teknologi bersih dan bertemu dengan Pangeran Wales.

Komentar