Jika Pilpres Digelar Sekarang, Banyak Anak Muda Pilih Ganjar Pranowo dan Prabowo

Chandra Iswinarno
Jika Pilpres Digelar Sekarang, Banyak Anak Muda Pilih Ganjar Pranowo dan Prabowo
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Dok: Pemprov Jateng)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berada di urutan teratas capres piluhan anak muda.

Suara.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berada di urutan teratas sebagai calon presiden (capres) pilihan anak muda. Hasil tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Politika Researh dan Consulting (PRC) baik dari pertanyaan tertutup dan top of mind publik.

Terlihat dari survei itu, dari simulasi elektabilitas 21 nama sebagai capres segmen pilihan anak muda dengan pertanyaan tertutup urutan pertama ada nama Ganjar Pranowo dengan perolehan angka 21,5 persen.

Kemudian kedua, Prabowo dengan 18,4 persen, disusul urutan ketiga Anies Baswedan dengan 14,3 persen.

Survei PRC capres yang paling banyak dipilih anak muda. [Tangkapan layar]
Survei PRC capres yang paling banyak dipilih anak muda. [Tangkapan layar]

Keempat ada Sandiaga Uno 9,1 persen, kelima ada Ridwan Kamil dengan 4,1 persen, lalu ada Agus Harimurti Yudhoyono 3,9 persen.

Baca Juga: Pesan Politik Prabowo tentang Pengkhianatan, Musuh Dalam Selimut, Menohok Kawan Seiring, Menggunting Dalam Lipatan

Posisi ketujuh ada Tri Rismaharini dengan 3,3 persen, lalu Susi Pudjiastuti 2,9 persen, kemudian ada Khofifah Indar Parawansa 2,5 persen, dan Gatot Nurmantyo sebesar 2,1 persen.

Sementara, Puan Maharani hanya berada di posisi ke 12 dengan perolehan suara 1,2 persen. Dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hanya 0,2 persen.

Kemudian, berdasarkan hasil survei pada kategori top of mind capres dan cawapres pilihan masyarakat lagi-lagi nama Prabowo dan Ganjar bertengger di urutan tertas. Prabowo meraih perolehan suara 13,2 persen, Ganjar 12,2 persen.

"Hasil temuan kami dalam survei PRC relatif hampir sama, jadi prefensi masyakarat yg kategori milenial atau z atau pemilih muda itu relatif sama. Mereka masih berkisaran di nama-nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, kemudian Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo dalam paparannya, Senin (15/11/2021).

Rio mengatakan, anak muda kebanyakan masih memilih capres yang menjadi perbincangan publik. Padahal, anak muda dianggap lebih kritis.

Baca Juga: Puji Komitmen NU Buat Bangsa, Ganjar Pranowo Ogah Komentari Soal Capres-cawapres

Sementara itu, nama Sandiaga Uno masih berada di posisi teratas hanya untuk menjadi cawapres.