alexametrics

Geruduk DPR Minta Junimart Girsang Minta Maaf, Massa Pemuda Pancasila: Keluar, Hadapi Kami

Bangun Santoso | Bagaskara Isdiansyah
Geruduk DPR Minta Junimart Girsang Minta Maaf, Massa Pemuda Pancasila: Keluar, Hadapi Kami
Demo Pemuda Pancasila di gedung DPR RI, Kamis (25/11/2021). (Suara.com/Bagaskara)

Pemuda Pancasila menginginkan Junimart Girsang menemui massa, tidak hanya bicara di lewat media

Suara.com - Ratusan anggota Pemuda Pancasila atau PP melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (25/11/2021). Mereka menuntut anggota DPR RI fraksi PDIP Junimart Girsang meminta maaf atas pernyataannya.

Pemuda Pancasila menginginkan Junimart menemui massa, tidak hanya bicara di lewat media.

Hal itu disampaikan anggota PP saat melakukan orasi dalam aksi unjuk rasa tersebut. Salah satu orator mendesak agar Junimart Girsang keluar menghadapi para massa PP di depan Gedung DPR.

"Junimart jangan lewat media, hadapi kami," ucap salah satu orator dari atas mobil komando.

Baca Juga: Komentari Bentrokan Ormas di Ciledug, Junimart PDIP Minta Maaf ke Pemuda Pancasila

Dalam orasinya, sang orator itu menyayangkan sikap yang ditunjukkan Junimart sebagai kader PDIP. Ia pun mengaku menyesal telah mendukung partai berlambang banteng tersebut.

"Jadi ini kader PDIP, kami capek-capek mendukung anda. Mana nyali mu, lidah mu enteng bicara, hadapi kami. Keluar (dari gedung DPR)," teriaknya.

Dari pantauan Suara.com di lokasi, massa yang mayoritas mengenakan seragam loreng khas Pemuda Pancasila, datang dan berkumpul di depan Gedung DPR RI sekitar pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya mereka melakukan longmarch terlebih dahulu dari Markas Komando PP di Kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Tampak anggota PP yang ada sekitar ratusan orang. Mereka datang dengan berbagai atribut seperti bendera logo PP hingga spanduk-spanduk bertuliskan nada protes dan tuntutan agar Junimart meminta maaf.

Baca Juga: Pemuda Pancasila Geruduk Kantor DPRD Kota Tasikmalaya Gara-gara Pernyataan Politikus PDIP

Junimart Minta Maaf

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI fraksi PDIP, Junimart menyampaikan permohonan maaf kepada organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila (PP) atas pernyataannya yang meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menertibkan ormas yang sering terlibat bentrokan.

Sebelumnya pernyataan Junimart memang sempat memicu protes khususnya dari PP. Junimart menilai dirinya merasa yakin kalau PP tidak secara utuh membaca pernyataannya yang menanggapi adanya bentrokan antara PP dengan orman Forum Betawi Rempug (FBR) di Kawasan Ciledug beberapa waktu lalu.

"Saya memahami bahwa teman-teman PP tidak utuh membaca tanggapan saya tentang insiden Ciledug dan hubungannya dengan Kemendagri," kata Junimart kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

Junimart menjelaskan, bahwa tidak ada sama sekali dalam pernyataannya yang meminta agar Kemendagri untuk membubarkan PP.

"Tidak ada statement saya menyatakan agar Kemendagri membubarkan PP sebagai Ormas yang berskala nasional," tuturnya.

Kendati begitu, Junimart menyampaikan permintaan maaf apabila dirinya dipersalahlan dalam pernyataannya tersebut. Menurutnya, permintaan maaf ini disampaikan sebagai manusia beriman.

"Apabila saya dipersalahkan karena tanggapan itu, sebagai manusia ber iman saya minta maaf kepada keluarga besar PP. Ini bukan masalah protes, tetapi menjunjung asas perdamaian sesuai Pancasila," tuturnya.

Komentar