alexametrics

Presiden Ceko Lantik Perdana Menteri dari Balik Kotak Kaca karena Positif Covid

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Presiden Ceko Lantik Perdana Menteri dari Balik Kotak Kaca karena Positif Covid
Presiden Ceko, Milos Zeman. (Twitter/@RichardFjord)

Presiden Ceko Milos Zeman datang dengan kursi roda dikawal oleh petugas medis dengan peralatan pelindung lengkap.

Suara.com - Presiden Ceko, Milos Zeman melantik Petr Fiala sebagai Perdana Menteri dari balik kotak kaca karena positif Covid. Milos Zeman hadir dengan kursi roda dan duduk di dalam kotak plexiglass setelah ia dinyatakan terpapar virus corona.

Zeman, yang datang dengan kursi roda dikawal oleh petugas medis dengan peralatan pelindung lengkap, tertular virus setelah enam minggu tinggal di rumah sakit karena penyakit yang tidak terkait.

Fiala, pemimpin blok yang terdiri dari lima partai oposisi tengah dan kanan tengah memenangkan pemilihan Oktober, menggulingkan petahana Andrej Babi.

Pemilihan berlangsung tak lama setelah rincian transaksi keuangan luar negeri Babi di luar negeri muncul di Pandora Papersmeskipun miliarder 67 tahun itu membantahnya.

Baca Juga: Australia Umumkan 2 Penumpang Pesawat dari Afrika Positif Covid Varian Omicron

Pemerintah baru harus mengatasi gelombang infeksi virus corona dan krisis energi, setelah runtuhnya penyedia listrik besar. Koalisi berencana juga mengerjakan ulang anggaran negara 2022 untuk mengurangi defisit yang besar.

"Pemerintah baru memiliki masa depan yang sangat rumit dan banyak tantangan ... Saya ingin ini menjadi pemerintahan perubahan untuk masa depan," kata Fiala.

Perdana menteri yang baru juga meminta warganya agar bersedia divaksinasi Covid-19 dan memuji staf medis di tengah meningkatnya kasus.

Hanya 58,5% orang Ceko yang divaksinasi terhadap virus corona. Rata-rata Uni Eropa adalah 65,8%, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Pemerintah memperketat langkah-langkah pada hari Kamis, termasuk larangan pasar Natal.

Baca Juga: 45 Siswa di Gunungkidul Positif Covid-19, Semuanya Sudah Divaksin

Komentar